16 Negara yang Lolos Babak 16 Euro 2024, 7 Tim Mantan Juara

16 Negara yang Lolos Babak 16 Euro 2024, 7 Tim Mantan Juara

Berita Utama | purwokerto.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 10:15
share

GELSENKIRCHEN, iNewsPurwokerto.id – Berikut adalah daftar lengkap tim yang berhasil lolos ke babak 16 besar Euro 2024. Tercatat, ada tujuh mantan juara yang masih bersaing untuk merebut trofi.

Seluruh laga fase grup turnamen terbesar di Benua Biru ini telah selesai digelar, dan kuota 16 besar telah terpenuhi.

Timnas Georgia menjadi tim terakhir yang memastikan diri lolos ke fase knockout. Tim debutan ini melakukannya setelah mengalahkan mantan juara Euro 2016, Portugal, dengan skor 2-0 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Pada laga lainnya, kemenangan dramatis diraih Timnas Turki melawan Republik Ceko dengan skor 2-1 di Volksparkstadion, Hamburg.

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Grup F meloloskan tiga wakilnya. Meskipun kalah di matchday terakhir grup, Timnas Portugal tetap lolos sebagai pemuncak klasemen dengan enam poin, setara dengan Turki di urutan kedua.

Georgia juga berhak lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dengan empat poin. Sedangkan Republik Ceko dipastikan tersingkir karena terdampar di dasar klasemen dengan satu poin.

Dengan begitu, dari 16 tim yang memastikan tiket ke babak gugur, ada delapan mantan juara turnamen ini. Selain Portugal, ada juga tuan rumah Jerman, Spanyol, Prancis, Belanda, Denmark, dan Italia.

 

Rinciannya, Grup A mengirim dua wakil, yakni Jerman dan Swiss. Dari Grup B, Spanyol dan Italia yang melaju. Ada tiga wakil yang lolos ke babak gugur dari Grup C, yakni Inggris, Denmark, dan Slovenia.

Kemudian, kejutan terjadi di Grup D, karena Austria finis sebagai pemuncak klasemen dan melaju, ditemani Prancis dan Belanda di urutan kedua dan ketiga.

Grup E menghadirkan persaingan paling ketat. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, keempat tim finis dengan sama-sama mengumpulkan empat poin. Namun, Rumania, Belgia, dan Slovakia yang berhak lolos karena unggul selisih gol.

Grup F juga mengirimkan tiga tim. Portugal yang kalah 0-2 dari Georgia berhak finis di puncak. Selecao das Quinas diikuti Turki yang melaju sebagai runner-up grup, dan Georgia dengan status salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik.

Daftar Lengkap Tim 16 Besar Euro 2024:

Jerman
Swiss
Spanyol
Italia
Inggris
Denmark
Slovenia
Austria
Prancis
Belanda
Rumania
Belgia
Slovakia
Portugal
Turki
Georgia
 

Topik Menarik