Produk UMKM Makin Berkilau, Berkat Sentuhan PLN UIP JBT

Produk UMKM Makin Berkilau, Berkat Sentuhan PLN UIP JBT

Ekonomi | bandungraya.inews.id | Kamis, 17 Oktober 2024 - 11:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - PT PLN (Persero) UIP JBT berikan angin segar bagi UMKM binaan di Kecamatan Rongga dan Cipongkor melalui penyaluran bantuan alat produksi.

Langkah nyata ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk UMKM sehingga semakin siap bersaing di pasar yang lebih luas. Kegiatan yang merupakan bagian dari program UMKM Naik Kelas 2024 ini dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari penyaluran perdana di Pendopo An Nariyah pada Senin (14/10).

Berlokasi di Pendopo An Nariyah, kegiatan penyaluran pertama dihadiri oleh Nugroho Budi Sulaksono (Manajer PT PLN (Persero) UPP JBT 1), Kasi Pemerintahan, Daman S Permana (Kepala Desa Cicadas), Ujang (Perwakilan Desa Sukaresmi), Mira (Perwakilan Desa Bojongsalam).

Sementara itu, untuk penyaluran kedua dihadiri oleh Nugroho Budi Sulaksono (Manajer PT PLN (Persero) UPP JBT 1) Entis Sutisna, SKM., M.M (Sekretaris Camat Kecamatan Cipongkor), H. Sugandi (Kepala Desa Sirnagalih), Gio (Perwakilan Desa Sarinagen), Yeyet Kurniawati (Ketua Forum UMKM Cipongkor),  Kelompok UMKM Teratai, dan Kelompok UMKM Bunga Tanjung.

Manager PT PLN (Persero) UPP JBT 1, Nugroho Budi Sulaksono menyampaikan bahwa PLN akan terus hadir untuk memberikan dampak positif di tengah masyarakat Kecamatan Rongga dan Kecamatan Cipongkor melalui distribusi alat produksi untuk UMKM dan kegiatan pendampingan UMKM Naik kelas.

“Kami merasa senang bisa membantu UMKM sehingga bisa mengurangi tingkat kemiskinan ekstrim khususnya di kecamatan Cipongkor yang masuk peringkat 2 termiskin ekstrim di Bandung Barat. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan denga baik dan menambah semangat para UMKM agar lebih sukses ke depannya,” ucapnya. 

 

Pelaksanaan program bantuan ini didampingi oleh Baitulmaal Muamalat (BMM) guna semakin mengoptimalkan kualitas serta kapasitas para pelaku UMKM setempat.

Lina Kepala Perwakilan BMM Jawa Barat yang turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan tersebut menyampaikan bahwa pendampingan yang dilakukan mulai dari pelatihan, pengurusan perizinan serta pendampingan pemasaran diharapkan dapat semakin mendorong kemajuan usaha.
 
Melalui bantuan alat produksi ini, Daman selaku Kepala Desa Cicadas ingin agar produk UMKM di daerahnya menjadi ciri khas dan dapat bersaing dengan produk buah tangan dari daerah lain.

“Dengan adanya bantuan untuk UMKM agar produksinya jadi lebih bagus, lebih banyak, saya jadi tidak bingung lagi kalau mau menyajikan buah tangan untuk tamu dari Pemerintahan ataupun organisasi lain di luar Cicadas yang berkunjung kesini. Saya bersyukur karena sekarang kita punya produk yang jadi ciri khas,” ujar Daman.

Kepala Desa Sirnagalih, H. Sugandi mengucapkan rasa terima kasihnya kepada PT PLN (Persero) UIP JBT yang telah memberikan bantuan alat produksi bagi kelompok UMKM di desanya. Beliau berharap dengan adanya bantuan tersebut bisa memperbaiki ekonomi warganya yang menempati posisi ke-2 dengan tingkat kemiskinan yang tinggi dari 16 Kecamatan yang ada di Bandung Barat.
 

Topik Menarik