Mutasi Kapolri, 745 Perwira Menengah dan Perwira Tinggi Polri Berganti

Mutasi Kapolri, 745 Perwira Menengah dan Perwira Tinggi Polri Berganti

Terkini | waykanan.inews.id | Kamis, 27 Juni 2024 - 08:30
share

JAKARTA, iNewsWayKanan.id - Sebanyak 745 perwira menengah (pamen) dan perwira tinggi (pati) Polri dirotasi dan dimutasi oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Mutasi dan rotasi tersebut termaktub dalam 4 Surat Telegram (ST) yang diterbitkan Kapolri.

Adapun keempat surat telegram itu bernomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024. Telegram itu ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo pada Rabu, 26 Juni 2024.

"Promosi dan mutasi di internal Polri adalah hal biasa dalam rangka kebutuhan organisasi, pembinaan karir, tour of duty, tour of area dan pergantian anggota yang memasuki masa pensiun," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/6/2024).

Salah satu jabatan yang berganti yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri bakal diisi oleh Irjen Pol Syahardiantono. Ia menggantikan Komjen Pol Suntana yang segera pensiun. Syahardiantono yang sebelumnya menjabat Kadiv Propam Polri akan berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen).

 

Kapolri menunjuk Irjen Pol Abdul Karim yang sebelumnya Kapolda Banten sebagai Kadiv Propam baru Polri. Nantinya jabatan Kapolda Banten akan diemban oleh Brigjen Pol Suyudi Ario Seto yang saat ini sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Kemudian Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy yang kini menjadi Wakapolda Kalimantan Timur. Selain itu, ada juga pergantian pimpinan Kapolda Sumatera Utara.

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi pati Bareskrim Polri (Persiapan Penugasan di Luar Struktur). Penggantinya adalah Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto yang kini menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

 

Artikel ini sudah terbit di Okezone.com dengan judul: *Kapolri Mutasi 745 Pamen dan Pati Polri, Abdul Karim Jadi Kadiv Propam* 

 

 

Topik Menarik