Ombudsman Temukan Murid Punya 6 Sertifikat Silat Jalur Prestasi PPDB: Tapi Satu Jurus Tak Bisa

Ombudsman Temukan Murid Punya 6 Sertifikat Silat Jalur Prestasi PPDB: Tapi Satu Jurus Tak Bisa

Terkini | inews | Sabtu, 29 Juni 2024 - 22:48
share

JAKARTA, iNews.id - Ombudsman RI menemukan pemalsuan sertifikat jalur prestasi nonakademik penerimaan peserta didik baru (PPDB). Sang murid diketahui mempunyai 6 enam sertifikat.

Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais mengatakan era digital sangat mudah untuk memalsukan sertifikat, termasuk sertifikat perlombaan. Dia pun mengimbau panitia PPDB untuk mengonfirmasi sertifikat ke pihak terkait. 

"Di era digital ini sekarang banyak sekali dan gampang untuk mencetak sertifikat-sertifikat kejuaraan, sekarang balik lagi, apakah panitia melakukan verifikasi dan validasi dengan induk olahraga, atau dinas Kebudayaan, tidak, " kata Indraza dalam program One on One, Sabtu (29/6/2024). 

Salah satu contohnya pemalsuan sertifikat perlombaan di Sumatera Selatan (Sumsel). Di sana, Indraza menyebutkan, terdapat siswa yang memiliki enam sertifikat silat. 

Namun ketika diminta untuk menunjukkan skillnya, siswa tidak mampu. Satu jurus pun tidak ada yang dikuasai. 

"Contoh kemarin saya ke Sumsel ada anak yang punya sertifikat juara silat sampai enam, bayangin kalau nilainya (satu sertifikat) 200 maka dia dapat 1.200, tapi satu jurus pun anaknya tidak bisa," paparnya. 

Indraza mengatakan jalur prestasi PPDB sangat rawan terjadi titipan. Pasalnya, tidak ada transparansi dalam pemberian nilai bagi siswa lewat jalur prestasi. 

"Yang lebih mengerikan lagi prestasi itu menjadi ajang siswa titipan, karena disitulah ketika itu mereka yang memasukkan nilai dan tidak pernah terbuka hasil prestasi anak ini," katanya. 

Sekadar informasi, wawancara dengan Indraza Marzuki Rais tentang permasalahan PPDB akan ditayangkan di SindonewsTV pada 5 Juli 2024 pukul 21.30 WIB.

Topik Menarik