Biasa Dibuat Kasur, Ternyata Buah dari Pohon Kapuk Enak Diolah Jadi Rujak

Biasa Dibuat Kasur, Ternyata Buah dari Pohon Kapuk Enak Diolah Jadi Rujak

Travel | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 12:23
share

JAKARTA, iNews.id - Seorang perempuan membuat rujak dengan buah kapuk belakangan ini viral. Ya, biasanya buah dari pohon kapuk kerap dibuat menjadi kasur.

Namun, bagi perempuan yang satu ini buah kapuk randu malah dijadikan rujak. Video yang dikutip melalui akun Instagram @selebgrambanua, Jumat (4/10/2024), ini memperlihatkan seorang perempuan mengolah buah kapuk randu menjadi rujak.

Buah kapuk randu merupakan buah yang berasal dari pohon kapuk (Ceiba pentandra). Buah ini berbentuk lonjong dengan kulit yang tebal dan keras, berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi coklat saat matang. 

Di dalamnya terdapat serat atau kapuk, yang mengelilingi biji-biji kecil. Serat kapuk yang halus ini biasanya digunakan sebagai bahan pengisi bantal, kasur, atau jaket karena sifatnya yang ringan dan tahan air.

"Selama 24 tahun hidup aku baru tahu buah kapuk randu bisa dirujak. Aku petik buah randu untuk dijadikan rujak," kata perempuan dalam video tersebut.

Dia mengatakan, untuk membuat rujak kapuk randu bahannya simpel, yaitu cabai, garam, asam Jawa dan sedikit gula merah. Semua bahan diulek sampai rata dan ditambahkan sedikit air.

"Pertama kita buat yang versi dibelah, setelah itu bagian dalam Kapuk randu dikorek dan dimasukkan cabai, garam dan sedikit asam Jawa. Setelah itu, ditumbuk. Kemudian tinggal dimakan pada bagian tengahnya. Untuk rasanya agak kecut dan sepat," kata dia.

Kemudian, lanjutnya, untuk kapuk randu yang masih muda tinggal iris saja tidak usah dikupas. Campurkan dengan bumbu rujak. Rasanya agak sedikit sepat mirip buah kawi

"Aku gak bakalan tau kapuk randu bisa dimakan kalau mama aku gak ngasih tau," katanya.

Selanjutnya, kapuk randu juga bisa dibuat rujak versi lainnya, yaitu bagian yang besar bisa juga dimakan dengan cara dicocol langsung ke sambal rujak tadi. "Ternyata rasanya lebih enak, tidak terlalu pahit dan sepat. Sebaiknya pilih buah kapuk randu yang kapasnya belum ada," katanya.

Bagaimana, penasaran ingin mencoba membuatnya?

Topik Menarik