Deretan Karya Seni Akan Dipamerkan dalam Art Jakarta 2024, Ada Lukisan Seniman Italia

Deretan Karya Seni Akan Dipamerkan dalam Art Jakarta 2024, Ada Lukisan Seniman Italia

Travel | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 16:41
share

JAKARTA, iNews.id - Pameran seni Art Jakarta akan digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 4-6 Oktober 2024. Berbagai karya seni tinggi akan dipamerkan dalam event ini.

Salah satunya karya dari seratus koleksi eksklusif Frigorifero d’arte, hasil kolaborasi Smeg dan Dolce & Gabbana. Dalam event tersebut Toffin Casa akan membawa koleksi yang berjudul Heroes of Sicily dengan lukisan ksatria di abad pertengahan yang menjadi sentral utama dan dilukis oleh Alice Valenti.

Frigorifero d’arte menggunakan 100 kulkas Smeg FAB28 sebagai kanvas yang dilukis menggunakan tangan lebih dari 10 orang seniman asal Sisilia, Italia dengan judul Made in Italy. Mereka mengambil kisah dan kebudayaan tradisional Sicilia untuk menjadi benang merah dari koleksi ini. 

Contohnya teater boneka Sisilia, carretto Siciliano atau kereta kuda Sisilia yang terkenal, ksatria abad pertengahan, pemandangan alam Sisilia, adegan pertempuran, lemon, yang disisipkan dengan ciri khas kreativitas personal dari Domenico Dolce and Stefano Gabbana. 

”Kolaborasi seperti ini bisa menjadi contoh untuk para seniman berkolaborasi dalam menciptakan produk fungsional dengan nilai seni tinggi, autentik, dan menjadi incaran para kolektor,” ujar Nicky Kusuma, CEO PT Casa Toffin Indonesia dalam keterangan persnya dilansir Jumat (4/10/2024).

Penampilannya yang menarik membuat karya seni ini disukai para produser film dan televisi. Contohnya Film Paddington 2 (2017) yang disutradai Paul King, film Transformers (the dark moon- 2016) disutradarai oleh Michael Bay, dan The Start-Up (K-drama- 2020) disutradarai oleh Oh Choong-Hwan. 

Selebriti papan atas seperti Kylie Jenner juga memiliki koleksi kulkas FAB28. Sementara di Indonesia deretan figur antara lain Asmirandah, Kimmi Jayanti, Tompi dan Anastasia Siantar.

Nicky percaya “canvas” yang tepat bisa membuat karya seni menjadi lebih menarik sehingga kolaborasi ini diharapkan bisa menggairahkan ekonomi kreatif di Indonesia. Pada 2023 nilai ekonomi kreatif dan pariwisata mampu mencapai Rp1.415 triliun dan di 2024 diharapkan bisa naik lebih tinggi. 

Koleksi karya seni yang dihadirkan diharapkan mampu menarik lebih banyak pengunjung Art Jakarta 2024. Tahun lalu, Art Jakarta mampu menarik 35.000 pengunjung dalam tiga hari event.

Topik Menarik