Jangan Remehkan Kerja Housekeeping, Garda Terdepan Industri Perhotelan 

Jangan Remehkan Kerja Housekeeping, Garda Terdepan Industri Perhotelan 

Travel | inews | Jum'at, 4 Oktober 2024 - 12:14
share

JAKARTA, iNews.id - Pekerjaan housekeeping masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. Padahal, pekerja housekeeping menjadi garda terdepan dalam industri perhotelan.

Housekeeping adalah tulang punggung dalam menjaga kualitas dan kenyamanan penginapan. Staf housekeeping biasanya bertanggung jawab untuk memastikan setiap kamar bersih, rapi, dan nyaman bagi tamu. Kebersihan yang mereka jaga bukan hanya soal estetika, tetapi juga kesehatan dan keselamatan para tamu.

Ramlida Joe Ariga, executive housekeeper Hotel Aston mengatakan, upaya mereka bertujuan untuk memastikan setiap tamu mendapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan. "Housekeeping adalah garda terdepan dalam industri perhotelan, dan mereka patut dirayakan serta diapresiasi setiap saat," kata Ramlida melalui keterangannya.

Pekerjaan housekeeping menuntut perhatian terhadap detail, mulai dari mengganti seprai, membersihkan kamar mandi, hingga memastikan semua perlengkapan tersedia dengan baik. Selain itu, mereka sering bekerja di balik layar, jarang terlihat tetapi sangat vital bagi operasional hotel. Tanpa upaya mereka, reputasi hotel bisa menurun karena kebersihan adalah salah satu aspek utama yang diperhatikan tamu.

Di kancah internasional, pekerjaan ini cukup mendapatkan apresiasi. Bahkan, perayaan International Housekeeping Week diselenggarakan setiap tahun pada pekan kedua bulan September. International Housekeepers Week (IHW) merupakan pekan yang didedikasikan untuk mengakui upaya keras staf kebersihan di seluruh dunia.

Di Indonesia, perayaan ini juga diselenggarakan dengan mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya Hotel Aston yang menyiapkan serangkaian kegiatan menarik, dimulai dengan pembuatan video kampanye yang menunjukkan rutinitas harian tim housekeeping. 

Video ini menampilkan beragam kegiatan, mulai dari menanam bunga, membersihkan lantai, hingga merapikan kamar tamu dengan penuh perhatian. Selain itu, Aston Sentul juga berpartisipasi dalam acara Bed Making Battle yang diselenggarakan oleh Archipelago International pada Senin 9 September 2024, di Aston Kartika Grogol Hotel and Conference Center, Jakarta.

Kompetisi ini diikuti oleh 34 hotel dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, para peserta berlomba menunjukkan keahlian mereka dalam merapikan tempat tidur dengan cepat dan tepat dalam waktu tiga menit.

Imannudin, perwakilan dari Aston Sentul Lake Resort & Conference Center, berhasil menjadi pemenang utama dalam kompetisi ini. Dia mengatakan, dia mengikuti kompetisi internal terlebih dahulu di hotel sebelum berhasil menjadi peserta dalam Bed Making Battle 2024. 

"Terima kasih kepada Archipelago International atas kesempatan ini. Kemenangan ini adalah hasil kerja keras dan kolaborasi tim kami," tutur Indri Hapsari selaku marcomm manager.

Topik Menarik