Curug Cantik Tersembunyi di Tengah Hutan Lembang, Suasananya Sejuk seperti Lagi di Desa

Curug Cantik Tersembunyi di Tengah Hutan Lembang, Suasananya Sejuk seperti Lagi di Desa

Travel | inews | Sabtu, 1 Juni 2024 - 12:24
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Bandung sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke Lembang, Anda akan menemukan satu curug cantik tersembunyi di tengah hutan yang sangat sejuk dan asri.

Ya, ketika berada di kawasan curug tersebut Anda akan merasakan sensasi sedang berada di perdesaan. Tempat tersebut adalah Curug Maribaya yang hauh dari keramaian, objek wisata curug bisa menjadi alternatif untuk wisatawan.

Kali ini, jika tertarik menikmati keindahan curug di Bandung, cobalah singgah ke Curug Maribaya di Lembang. Tempatnya begitu asri, sejuk, dan indah. Curug ini adalah air terjun alami dengan latar pepohonan. Memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter, di dekat curug ini juga didirikan dua jembatan yang memudahkan pengunjung menikmati air terjun tanpa harus takut basah.

Tidak hanya memiliki panorama menakjubkan. Bagi warga sekitar, Curug Maribaya lebih dikenal dengan sebutan Curug Omas. Curug Maribaya terdiri atas tiga curug yang lokasinya saling berdekatan, yakni Cigulung, Cikoleang, dan Cikawari.

Curug Cikawari menjadi tempat yang paling sering dikunjungi. Alasannya, curug ini tidak terlalu dalam, sehingga tidak berbahaya. Di sini, wisatawan bisa menikmati pemandangan Curug Cigulung sembari bersantai menikmati hidangan di Twig Cafe yang lokasinya bersebelahan dengan air terjun.

"Tingginya mencapai 30 meter dengan kedalaman air hingga 10 meter. Inilah Curug Omas, curug yang dapat dijumpai saat kita berkunjung ke Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda. Kawasan konservasi Tahura Ir. H. Djuanda memiliki luas 590 hektare, yang aksesnya dapat menembus kawasan wisata air terjun di Maribaya. Jarak dari gerbang masuk Tahura ke Ir. H. Djuanda di Dago Atas ke Curug Maribaya dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh sekitar 10 km," tulis Instagram @yourbandung.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan ketika wisata ke Curug Maribaya Lembang. Terutama saat liburan bersama keluarga. Di sini, tersedia pilihan lokasi wisata di antaranya Rumah Hobbit. Anda bisa berswafoto di sini sambil memberi makan kelinci.

Pilihan aktivitas lain adalah memancing dan menangkap ikan. Anda bisa menuju ke Kolam Talaga Giri untuk memancing. Untuk masuk ke objek wisata ini, Anda bisa membayar tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Dengan tiket murah ini, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang ada di Curug Maribaya.

Curug ini buka pukul 08.00 WIB - 22.00 wib. Jika ingin berkunjung disarankan datang pada musim kemarau. Debit air tidak terlalu deras. Curug Maribaya merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Lokasinya sekitar 15 km dari kota Bandung dan sekitar 5 km dari arah timur Lembang.

Jika dari Jakarta dengan melewati rute Cikampek – Cipularang – keluar di Sadang. Dari Sadang, menuju ke Subang – Ciater – Lembang hingga sampai di kawasan wisata alam Curug Maribaya. Jalan menuju lokasi ini sudah beraspal dan sangat nyaman dilewati kendaraan.

Topik Menarik