Menparekraf Sandiaga Akan Tindak Tegas Turis Asing di Bali Bekerja Ilegal Pakai Visa Kunjungan

Menparekraf Sandiaga Akan Tindak Tegas Turis Asing di Bali Bekerja Ilegal Pakai Visa Kunjungan

Travel | inews | Kamis, 30 Mei 2024 - 12:33
share

MEDAN, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Solahudin Uno menanggapi kabar maraknya turis asing yang bekerja secara ilegal di wilayah Indonesia. Para turis itu masuk ke Indonesia dengan visa kunjungan, namun justru bekerja di Bali maupun menjalani pekerjaan remote dari Bali.

Menurut Sandi, pemerintah Indonesia akan bertindak tegas terhadap turis asing yang bekerja di Indonesia. Pemerintah tidak akan memberikan toleransi dan mengancam akan mendeportasi para turis asing yang terbukti bekerja.

"Kita harus tegas, kita tegakkan aturan. Diberikan sanksi, kalau perlu dideportasi. Sudah kami tangani, tidak ada toleransi," ujar Sandiaga usai membuka Gelar Melayu Serumpun 2024 di Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (29/5/2024) malam.

Persoalan perilaku turis asing di Bali menjadi perhatian banyak pihak. Termasuk dari Presiden Indonesia kelima yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Megawati menyebut pariwisata di Bali tidak terkontrol, sehingga menimbulkan masalah bagi masyarakat lokal.

Megawati mendorong perlunya alokasi kuota untuk mengatasi turisme di Bali. Hal tersebut disampaikan Megawati dalam Rakernas ke-V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Minggu, 26 Mei 2024 lalu.

Megawati bahkan menyatakan saat ini sudah ada aduan warga yang kekurangan air lantaran dampak pembangunan bagi turis yang masif. Megawati khawatir dengan masyarakat Bali yang justru tak menikmati keindahan dan alam pulaunya.

"Saya bukan anti turisme tapi terukur, karena tourism itu juga bagi kehidupan rakyat kita, bukan terbalik," kata Megawati.

Topik Menarik