Indahnya Hidden Gem di Lombok, Ada Bukit Merese hingga Savana Dandaun yang Eksotis

Indahnya Hidden Gem di Lombok, Ada Bukit Merese hingga Savana Dandaun yang Eksotis

Travel | BuddyKu | Jum'at, 19 Mei 2023 - 15:09
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak keindahan alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang bisa dijelajahi. Mulai dari pegunungan, pantai, dan air terjunnya memiliki keindahan berbeda.

Lombok merupakan salah satu pulau yang memiliki deretan wisata alam yang memesona, dan juga Instagramable. Pemandangannya yang cantik, membuat para wisatawan memilih Lombok sebagai destinasi terbaik.

Ada banyak spot wisata menarik serta Instagramable di pulau satu ini. Bahkan, di antaranya merupakan wisata tersembunyi atau hidden gem. Belum banyak wisatawan yang tahu dan mungkin Anda bisa menikmatinya dengan leluasa jika datang ke sini.

Penasaran apa saja hidden gem di Lombok yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Nusa Tenggara Barat? Berikut ulasannya dirangkum pada Jumat (19/5/2023).

Hidden Gem di Lombok

1. Pantai Tanjung Bongo

Pantai Tanjung Bongo layak dikunjungi untuk sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang menenangkan. Lokasinya berada di belakang Bukit Merese. Untuk menuju ke pantai ini Anda harus trekking menuju pantai. Meski membutuhkan tenaga yang tidak sedikit, Anda dijamin tidak akan rugi sebab Pantai Tanjung Bongo memiliki sejumlah atraksi menarik yang mampu menghilangkan rasa lelah.

Selain punya pemandangan pantai yang memukau, Pantai Tanjung Bongo dikelilingi tebing dan perbukitan yang tak kalah indahnya. Di beberapa titik juga terdapat perairan dangkal dan jernih, cocok untuk berendam setelah melalui perjalanan jauh menuju pantai. Jangan lupa mengabadikan foto saat berada di tempat menakjubkan ini.

2. Bukit Merese

Bukit Merese merupakan tempat yang tepat untuk merasakan dan melihat indahnya pemandangan Lombok yang memukau. Lokasinya ada di kawasan wisata Pantai Tanjung Aan. Bukit Merese memadukan keindahan perbukitan dan pantai yang sayang untuk Anda lewatkan. Pencinta foto atau Anda yang ingin berswafoto dari Bukit Merese, Anda bisa menyaksikan pemandangan sejumlah pantai ternama seperti Pantai Batu Payung dan Pantai Seger. Pemandangan ini bisa jadi spot foto menarik untuk Anda.

3. Pantai Kaliantan

Berlokasi di Dusun Kaliantan, Desa Seriwe, Jerowaru, Lombok Timur. Jaraknya sekitar 72 kilometer atau dua jam menggunakan kendaraan. Pantai satu ini termasuk hidden gem-nya Lombok, dan pengunjung yang datang relatif sedikit. Menariknya, Pantai Kaliantan menjadi pusat penyelenggaraan upacara adat Bau Nyale yaitu tradisi memburu cacing laut yang dilakukan oleh suku Sasak.

4. Air Terjun Batu Apeq

Lombok juga punya air terjun, lho yang tak kalah indah, cantik dan bisa membuat Anda betah berlama-lama di sini. Salah satunya adalah Air Terjun Batu Apeq, berjarak kurang lebih 75 kilometer dari pusat Kota Mataram. Menariknya, air terjun ini diklaim sebagai air terjun tertinggi kedua di Nusa Tenggara Barat. Selain itu, air di sini sangatlah jernih karena usut punya usut mengalir langsung dari Danau Sagara Anak.

5. Gili Kondo

Lombok memiliki beberapa gili atau yang artinya pulau kecil yang cantik. Tak hanya dikenal dengan Gili Trawangan, ada juga Gili Kondo yang tak kalah menarik bisa dikunjungi. Gili Kondo dikenal dengan pantainya yang indah, bahkan masih jarang ada wisatawan yang mengunjungi tempat satu ini. Bagi Anda yang ingin healing atau berswafoto, tempat ini menjadi salah satu lokasi yang tepat untuk dikunjungi.

Gili Kondo berlokasi di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Jika ingin ke Gili Kondo, sebenarnya aksesnya tidak terlalu sulit. Anda bisa berangkat dari Mataram, Selong atau Bandara Internasional Lombok.

6. Savana Dandaun

Savana Dandaun, menjadi salah satu surga yang tak boleh dilewatkan oleh para pendaki menuju Gunung Rinjani. Kawasan ini merupakan salah satu bukit favorit yang dikenal keindahannya. Savana Dandaun berlokasi di Sembalun, Lombok Timur, Sembalun Bumbung, Nusa Tenggara Barat.

Savana Berada di ketinggian 1.200-1.300 meter di atas permukaan laut (MDPL), menjadi track yang cocok bagi pendaki pemula. Jalannya cukup landai melewati hutan yang ada sumber mata air di dalamnya. Kawasan bukit ini sangat indah, karena dari sini akan terlihat Gunung Rinjani yang berada hanya beberapa meter saja. Pemandangannya sangat indah, udaranya pun sejuk dan bisa membuat Anda merasakan kenyamanan.

Itulah seputar hidden gem di Lombok yang bisa dijelajahi wisatawan.

Topik Menarik