Rekomendasi Ide Wisata Akhir Tahun di 5 Kota Favorit Keluarga, Salah Satunya Tetangganya Depok

Rekomendasi Ide Wisata Akhir Tahun di 5 Kota Favorit Keluarga, Salah Satunya Tetangganya Depok

Travel | BuddyKu | Kamis, 29 Desember 2022 - 08:04
share

DEPOK, iNewsDepok.id - Momen liburan akhir tahun selalu dinanti-nanti banyak orang, terutama keluarga. Umumnya mereka berlibur di 5 kota di Indonesia yang menjadi favorit keluarga untuk liburan akhir tahun.

Kelima kota tersebut dikenal dengan destinasi wisatanya yang menarik dan keindahannya sudah diakui wisatawan mancanegara.

Berdasarkan riset Pegipegi Travel Report 2022, bahwa keluarga menjadi partner utama masyarakat ketika liburan. Wisata bersama keluarga sekaligus melepas penat dari rutinitas sepanjang tahun, sekaligus menikmati waktu berkualitas bersama anggota keluarga tercinta.

Berikut 5 kota favorit keluarga untuk liburan akhir tahun, berikut rekomendasi tempat wisata menarik di kota tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi, pada Kamis (29/12/2022):

  1. Bali
Pulau Dewata menjadi destinasi liburan favorit keluarga. Di Bali, wisatawan bisa berwisata ke Green Village Bali untuk menikmati pemandangan sempurna rumah-rumah dari bambu yang indah dan menyatu dengan alam Bukit Ayung.

Setelah itu, bawalah keluarga menelusuri Bali Safari Park untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan. Di tengah teriknya siang hari, mencoba berbagai wahana air di Waterboom Bali bisa menjadi pilihan wisata yang menyegarkan.

Jelang sore hari, ajak keluarga melihat matahari terbenam sembari menonton tarian tradisional Bali di Uluwatu Temple Sunset & Kecak Fire Dance. Setelah itu, berbaurlah dengan masyarakat lokal sambil berbelanja dan menikmati kuliner malam di Ubud Night Market.

  1. Yogyakarta

Candi Prambanan, Yogyakarta. Pixabay/Laurentiu

Kota Yogyakartakerap menjadi destinasi yang dirindukan dengan berbagai kekayaan tempat wisatanya, mulai dari alam, kuliner, budaya, hingga belanja. Ajak keluarga berkunjung ke Desa Wisata Rumah Domes atau Kampung Teletubbies untuk berinteraksi dengan warga setempat yang ramah sambil melihat bangunan rumah unik seperti Igloo.

Setelah itu, bisa melanjutkan perjalanan ke Gembiraloka Zoo yang menyajikan wisata edukatif seputar satwa-satwa yang dilindungi.

Untuk makan siang, ada sejumlah restoran keluarga dengan pemandangan cantik di Jogjakarta, seperti Abhayagiri Restaurant, Warung Watoe Gadjah, De Tropen Jogja Kitchen, dan Secret Garden Coffee and Chocolate.

Selanjutnya, bersamakeluarga bisa mencicipi es krim lezat di Ice Cream World Jogja. Di sore hari, bermain dan berfoto di spot ala negeri dongeng yang ada di The Lost World Castle atau berkunjung ke Candi Prambanan bisa menjadi pilihan berikutnya.

Sementara di malam hari, bersama keluargabisa menikmati gemerlap malam Kota Yogyadi Taman Pelangi atau menjelajah spot Instagenic di HeHa Ocean View.

  1. Surabaya

Jembatan Suramadu, Surabaya. Foto: Pixabay/farisshidqi

Sebagai salah satu kota megapolitan, Surabaya menyimpan berbagai destinasi wisata menarik, mulai dari wisata kuliner, belanja, sejarah, budaya, serta alam.

Ketika di Surabaya, ajak keluarga berkunjung ke Taman Balai Kota yang sejuk dan menyegarkan dengan area tamannya yang luas beserta pancuran air untuk menyenangkan buah hati.

Aktivitas berikutnya bisa dilanjutkan dengan berinteraksi bersama binatang-binatang menggemaskan di Kebun Binatang Surabaya dan kulineran di Food Junction Grand Pakuwon.

Pada sore jelang malam hari, berkunjunglah ke kawasan Jembatan Suroboyo untuk melihat indahnya langit sore dan gemerlap malam Kota Pahlawan sambil mencicipi kuliner khas di sekitar Pantai Kenjeran.

Setelah itu, menikmati wisata malam terbesar dengan atraksi permainan yang menarik di Suroboyo Carnival Park bisa menjadi penutup kegiatan sebelum kembali ke hotel.

  1. Malang

Kusuma Agro Wisata Batu, Malang. Foto: Instagram

Malang terus menjadi destinasi wisata yang diminati masyarakat. Selain kondisi alamnya yang asri dan biaya hidup yang terjangkau, Malang memiliki sejumlah destinasi wisata keluarga yang asyik.

Di pagi hari, bersama keluarga bisa berkunjung ke Kusuma Agro Wisata untuk menikmati wisata alam dan edukasi. Jangan lupa untuk memetik apel.

Setelah itu,mengunjungiJatim Park 1, 2, dan 3 adalah rekomendasi berikutnya untuk menikmati berbagai wahana hiburan hingga melihat satwa di kebun binatang.

Di siang hari, mampirlah sejenak untuk melihat berbagai koleksi mobil klasik di Museum Angkut. Setelah itu, isi perut dengan menikmati sajian kuliner lezat di Alun-alun Kota Batu.

Selesai makan, lanjutkan perjalanan turun ke Kota Malang untuk melihat Kampung Warna-warni Jodipan dan wisata belanja di sejumlah mal di pusat kota.

Pada sore hingga malam hari, bisa berkunjung ke Alun-alun Kota Malang untuk menikmati keasrian kota ini hingga sajian kuliner kaki lima di sekitarnya.

  1. Bogor

Bogor dan sekitarnya sering menjadi pilihan utama masyarakat perkotaan untuk tempat liburan, termasuk pada periode liburan akhir tahun. Akses ke Bogor terbilang mudah, yakni menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil serta naik KRL relasi Stasiun Kota - Stasiun Bogor.

Di pagi hari, bawa keluarga ke Melrimba Garden untuk menikmati pemandangan asri dan memancing, memetik strawberry hingga outbond .

Setelah itu, ajak juga keluarga menaiki kuda dengan memakai kostum ala abad pertengahan Eropa, bermain panahan, sampai berfoto dengan latar spot Instagramable di The Ranch Cisarua.

Di siang hingga sore hari, bisa menuju Cimory Dairyland untuk berinteraksi dengan hewan-hewan menggemaskan hingga berfoto di replika rumah-rumah ala The Hobbit. Setelah itu, turun ke pusat kota menuju Kebun Raya Bogor untuk melepas penat sambil berpiknik ria dan melihat pemandangan yang sangat asri.

Di malam hari, aktivitas bisa dilanjutkan dengan jelajah kuliner di Jalan Surya Kencana yang dikenal sebagai pecinan Kota Bogor. Beberapa rekomendasi kuliner di sana, seperti Bakso Kikil Pak Jaka, Cungkring Pak Jumat, Sate Sumsum Pak Oo hingga Nasi Goreng Guan Tjo.

Topik Menarik