4 Fakta Menarik Desain Paspor Baru Indonesia, Berwarna Merah dan Tidak Mudah Dipalsukan

4 Fakta Menarik Desain Paspor Baru Indonesia, Berwarna Merah dan Tidak Mudah Dipalsukan

Travel | inews | Senin, 19 Agustus 2024 - 19:56
share

JAKARTA, iNews.id - Ada yang baru ketika Anda membuat atau memperpanjang paspor Indonesia. Tepat pada 17 Agustus 2024, Kemenkumham atau tepatnya Ditjen Imigrasi meresmikan desain terbaru paspor Indonesia.

Peluncuran itu bertepatan di momen Hari Kemerdekaan ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024). Kini paspor baru Indonesia memiliki warna merah cerah dan menawan. Sebelumnya, paspor Indonesia memiliki desain berwarna hijau dengan lambang burung Garuda di bagian depan.

Desain paspor baru ini disebutkan sudah memenuhi standar. Jika dilihat, tak hanya perubahan pada paspor baru Indonesia, tapi juga desain halaman depannya yang kini berbeda. Terlihat ada huruf dan lambang burung Garuda berwarna putih sehingga melambangkan warna bendera Indonesia, Merah Putih.

Selain desain yang makin elegan, apa saja keunggulan dari paspor baru Indonesia ini? Berikut fakta menarik dari desain paspor Indonesia, dirangkum pada Senin (19/8/2024).

1. Cerminkan Identitas Budaya

Pertama adalah mencerminkan budaya Indonesia. Setelah sebelumnya berwarna hijau, kini paspor baru Indonesia memiliki cover berwarna merah dan juga dipadukan dengan lambang Garuda berwarna putih. Kedua warna dan lambang tersebut semakin mencerminkan identitas dan budaya Tanah Air. Desain paspor baru ini memperkuat tema Keindonesiaan dan Kebhinekaan.

2. Tidak Mudah Dipalsukan

Keunggulan dari desain paspor baru Indonesia tidak mudah dipalsukan. Desain paspor ini dilengkapi sekuriti fitur yang termutakhir dari yang sebelumnya sesuai dengan standar The International Civil Aviation Organisation (ICAO). Tidak mudah dipalsukan atau digandakan. Perubahan sistem keamanan ini pun nantinya akan bermanfaat bagi pemegang paspor. Desain baru paspor Indonesia ini pun dikhususkan untuk e-paspor.

3. Perkuat Identitas Indonesia

Desain paspor baru Indonesia ini juga sarat akan unsur budaya Tanah Air. Tak hanya menambahkan keelokan, hal itu juga merupakan keunggulan untuk masyarakat Indonesia saat berpergian ke luar negeri. Dengan adanya kebaragaman dan kekayaan budaya Indonesia di paspor tersebut, maka semakin memperkuat identitas Indonesia di mata dunia.

4. Sampul yang Tahan Panas

Kualitas dari sampul paspor baru Indonesia ini juga diklaim bisa tahan panas, fleksibel dan bisa melindungi chip. Selain itu, bagian biodata paspor terbuat dari bahan polikarbonat pada permukaannya.

Topik Menarik