Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua di Hari Ibu, Arab, Latin dan Artinya

Kumpulan Doa untuk Kedua Orang Tua di Hari Ibu, Arab, Latin dan Artinya

Travel | BuddyKu | Kamis, 22 Desember 2022 - 16:08
share

JAKARTA, iNews.id - Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa memanjatkan doa untuk kedua orang tua. Terlebih di momen Hari Ibu yang diperingati 22 Desember.

Dalam ajaran Islam, sudah menjadi kewajiban bagi tiap anak manusia untuk mendoakan kedua orang tua yakni ibu dan bapaknya sebagai bukti kecintaan dan memuliakan mereka yang telah melahirkan, mendidik dan membesarkan.

Mendoakan kedua orang tua tak hanya saat mereka sudah meninggal, namun juga kala mereka masih hidup agar diberikan keselamatan dan keberkahan dalam hidupnya.

Doa
Doa untuk bayi yang baru lahir (Foto:Pixabay)

Dalam Alquran, Surat Al Isra ayat 23-24, Allah SWT berfirman:


Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil . (QS. Surat Al Isra: 23-24)

Ibnu Katsir menerangkan ayat tersebut berisi anjuran bagi tiap anak untuk berbuat baik dan mendoakan kebaikan untuk mereka.

Berikut bacaan doa untuk orang tua, Arab, Latin dan Artinya yang dapat dipanjatkan di Hari Ibu 22 Desember

Doa untuk Kedua Orang Tua

1. Doa Ampunan untuk Orang Tua

Latin: Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warham Humaa Kamaa Rabbayaa Nii Shaghiraa

Artinya: Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelaskasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.

2. Doa Nabi Ibrahim untuk Orang Tua

Latin: Robbanaghfirlii waliwalidayya walilmu\'miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat). (QS. Surat Ibrahim: 41)

3. Doa Nabi Nuh untuk Kedua Orang Tua


Robbighfilrii waliwaa lidayya waliman dakhola baitiya mu\'minan walil mu\'mininna wal mu\'minaati walaa tazididhoolimiina illa tabbaaraa.

Artinya: Ya Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan. (QS. Surat Nuh: 28)

4. Doa Kebaikan Kedua Orang Tua di Akhirat

Allahummaghfir Lahu Warhamhu Wa Aafihi Aafu anhu Wa Akrim Nuzulahu Wa Wassi Madkhalahu, Waghsilhu Bil Maa i Wats-tsalji Walbarodi Wa Naqqihii Minal khathaa Ya Kamaa Yunaqqats-Tsawbul Abyadhu Minad Danas.

Wa Abdilhu Daaran khairan Min Daarihii Wa Ahlan Khairan Min Ahlihii Wa Zawjan Khairan Min Zawjihi, Wa Adkhilhul Jannata Wa A Idzhu Min Adzaabil Qobri Wa Fitnatihi Wa Min Adzaabin Naar.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.

5. Doa Syukur Nikmat atas Kedua Orang Tua

Latin: Rabbii Auzi\'nii an asykura ni;matakallatii an\'amta \'alayya wa\'alaa waalidayya wa an a\'mal shoolihan tardhoohu wa ashlih lii fii dzurriyyatii.

Artinya: Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku.

Itulah kumpulan doa untuk kedua orang tua yang bisa dipanjatkan di Hari Ibu 22 Desember.

Wallahu A\'lam.

Topik Menarik