Viral Penampakan Gempa M 7,2 di Dasar Laut Terekam Kamera Penyelam, Suasana Mencekam 

Viral Penampakan Gempa M 7,2 di Dasar Laut Terekam Kamera Penyelam, Suasana Mencekam 

Travel | inews | Rabu, 11 September 2024 - 17:59
share

JAKARTA, iNews.id - Pemandangan gempa dengan kekuatan 7,2 Magnitudo terekam oleh seorang penyelam. Diketahui, gempa tersebut terjadi di dasar laut. 

Video viral itu dibagikan oleh akun @itamkongbagaram. Dia tidak sengaja merekam kejadian gempa yang terlihat mencekam.

Dalam video tersebut sang penyelam awalnya sedang melakukan diving di Laut Banda menikmati suasana dasar laut yang menakjubkan. Terlihat hamparan terumbu karang di dasar laut yang sangat indah.

Namun, pemandangan berubah drastis saat gempa datang. Tiba-tiba, pasir di dasar laut berhamburan, air laut yang jernih berubah warna menjadi keruh. Ikan kecil di terumbu karang pada keluar semua.

"Earthquake dive. Ini vidio asli saya, berhubung sudah viral dan banyak yg ngaku gk jelas. Gw kasih penjelasannya di sini.
tanggal 08 november2023, jam 13.11 waktu setempat, laut banda (nil desperandum) terjadi gempa M7.2, saat itu posisi kita lagi menyelam. Penyelaman yang ke dua dengan trip kapal. Berlangsung lumyan lama dan hampir 1 menit goncangan dalam air pun terjadi! Tidak ada yg luka atau cedera, semua penyelam aman! diving hampir 19 menit dan langsung dihentikan untuk cari aman. (Saya pikir saya sudah mau mati makanya di vidioin, kalo gk mati yah menjadi salah satu pengalaman penting dalam hidup dengan bukti vidio. Sekian dan terimakasih," ujar @itamkongbagaram, dikutip Rabu (11/9/2024).

Perlu diketahui kejadian gempa tersebut terjadi pada 2023. Namun, kembali viral dan menjadi perbincangan hangat bagi warganet.

"Detik-detik gempa yang terjadi di dasar laut ketika sedang diving di dasar laut, kejadian ini tidak sengaja direkam oleh @itamkongbagaram dan kejadian ini terjadi di Perairan Laut Banda. Kejadian ini itu sudah lama ya sob tepatnya pada November 2023 silam," tulis @nature.wanderer.

Perlu diketahui, Laut Banda adalah salah satu dari empat laut yang mengelilingi Kepulauan Maluku di Indonesia, yang terhubung dengan Samudra Pasifik, tetapi dikelilingi oleh ratusan pulau, termasuk Timor, Laut Halmahera dan Laut Seram. Luasnya sekitar 1.000 km dari timur ke barat, dan sekitar 500 km dari utara ke selatan.

Topik Menarik