Desa Tipalok di Papua Sangat Menakjubkan, Punya Pemandangan Danau di Atas Awan

Desa Tipalok di Papua Sangat Menakjubkan, Punya Pemandangan Danau di Atas Awan

Travel | inews | Senin, 12 Agustus 2024 - 14:51
share

JAKARTA, iNews.id - Desa di Papua sangat menarik untuk dijelajahi. Pulau yang ada di ujung timur Indonesia ini dikenal dengan pegunungan yang tinggi, termasuk Pegunungan Maoke, serta hutan hujan tropis yang lebat, dan sungai-sungai besar seperti Sungai Sepik dan Sungai Mamberamo. 

Papua juga menjadi rumah bagi sejumlah spesies flora dan fauna endemik, seperti burung cendrawasih dan kanguru pohon. Ekosistemnya yang masih alami juga mendukung berbagai jenis tumbuhan dan hewan.

Nmaun, di balik keindahan alam yang ada di Papua, ada desa menakjubkan yang harus dijelajahi. Keindahan desa ini menawarkan berbagai pengalaman unik, mulai dari pemandangan alam yang menakjubkan hingga kekayaan budaya lokal.

Ya, kali ini Anda bisa menjelajahi Desa Tipalok yang ada di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Penasaran, seperti apa keindahan desa di Papua yang menakjubkan ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (12/8/2024).

Desa Tipalok

Desa yang harus dikunjungi saat berada di Papua ada Tipalok. Desa ini memiliki pemandangan menakjubkan danau di atas ketinggian 3.300. Danau tersebut adalah Habema, terletak di Kaki Gunung Trikora, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Danau ini menjadi salah satu danau tertinggi di Indonesia. Masyarakat setempat menjuluki tempat ini danau di atas awan.

"Berada di tengah lembah yang sangat indah di Pegunungan Trikora, Papua. Danau ini berada di ketinggian 3321 meter di atas permukaan laut. Danau ini sering menjadi tempat peristirahatan bagi para pendaki yang ingin mendaki puncak Trikora. Dengan dikelilingi vegetasi alam pegunungan berupa anggrek dan apabila cuaca cerah anda dapat melihat gagahnya puncak Trikora," tulis Instagram @pendakikusam.

Berada di Desa Tipalok, wisatawan dapat menikmati hamparan padang rumput serta berbagai tanaman-tanaman endemik yang ada di sekitar danau. Tempat ini menakjbukan dan membuat siapa saja yang berkunjung merasa damai dan tenang. Sejauh mata memangdanga, Anda dapat menikmati pegunungan berselimut kabut. Jika ingin mengunjungi tempat ini, disarankan untuk menggunakan jaket tebal sebab suhu di tempat ini begitu dingin bisa mencapai 0 derajat.

Desa Tipalok berlokasi di 48 kilometer dari kota Wamena. Untuk menuju danau ini butuh perjuangan karena jalannya ekstrem dan berbukit-bukit. Selamat berkunjung!

Topik Menarik