Viral Kuning Telur Berwarna Putih, Ternyata karena Induknya Hanya Makan Nasi

Viral Kuning Telur Berwarna Putih, Ternyata karena Induknya Hanya Makan Nasi

Travel | inews | Rabu, 11 September 2024 - 13:20
share

JAKARTA, iNews.id - Telur merupakan salah satu bahan utama yang memiliki nutrisi tinggi. Selama ini kita mengetahui, telur ayam memiliki bagian inti berupa kuning telur yang umumnya berwarna kuning.

Namun, baru-baru ini viral di media sosial penampakan bagian kuning telur ayam yang justru berwarna putih! Beberapa potret penampakan kuning telur ayam berwarna putih itu pertama kali diabadikan oleh seorang wanita di Jepang.

Dia kemudian mengunggahnya di akun X miliknya @tsudajunko, lalu berujung viral. Salah satunya, potret di mana telur tersebut dibelah menjadi dua bagian, sehingga terlihat jelas warna bagian kuning telur yang justru berwarna putihpucat.

Dalam salah satu postingannya, akun itu menyebut telur tersebut dia beli di pasar petani Itoman. "Bahkan bagian kuning telurnya pun berwarna putih. Saya membelinya di pasar petani Itoman," tulis keterangan akun tersebut.

Dalam postingan lainnya, wanita itu juga menjelaskan alasan mengapa bagian kuning telur tersebut justru berwarna putih. Menurut informasi yang dia peroleh, hal tersebut karena ayam itu hanya memakan nasi.

"Saya baca beberapa sumber, telur tersebut berasal dari ayam yang hanya memakan nasi, jadi kuningnya putih, tapi saya tidak menyangka warnanya putih bersih ini!," katnya lagi.

Meski begitu, wanita tersebut meyakinkan kepada warganet, terlepas dari penampilannya yang unik, telur tersebut terasa sama lezat dan nikmatnya seperti telur ayam pada umumnya.

Wanita tersebut juga mengungkapkan, setelah dia merendam telur itu ke dalam kecap asin untuk membuat ajitama, bagian kuning telur tetap berwarna putih. Unggahan wanita itu lantas viral dan dibanjiri komentar dari netizen yang bingung sekaligus penasaran tentang telur misterius itu. "Ini mengejutkan! Merupakan penemuan baru warna kuning telur berubah tergantung pada apa yang Anda makan!, ujar @han***

"Aku penasaran dengan rasanya," kata @hub***

"Warnanya putih bersih! luar biasa! Ayah saya terlibat dalam peternakan unggas, dan saya sering melihat kuning telur berwarna oranye, tetapi saya belum pernah melihatnya seputih ini sebelumnya, tutur @uai***

Pola makan ayam memengaruhi warna kuning telur

Dalam kolom komentar, ternyata ada salah satu netizen yang mengungkapkan pengalaman serupa. Dia menceritakan bagaimana dirinya membuat telur dadar putih bersih menggunakan telur serupa. "Warnanya putih seperti sudah diolah! Warna telur memang berubah-ubah tergantung makanannya, ujar akun @laki0814.

"Dikatakan, menambahkan sesuatu dengan warna kemerahan yang kuat, seperti bubuk paprika, ke dalam pakan akan mengubah warna kuning telur menjadi oranye tua. Sebaliknya jika pakan berwarna gelap seperti jagung atau marigold dihilangkan maka kuning telurnya akan menjadi keputihan, tuturnya lagi.

Melansir Allrecipes.com, warna kuning telur secara langsung memang dipengaruhi oleh pola makan ayam. Kuning telur yang berwarna putih tersebut juga memang merupakan hasil dari ayam yang hanya diberi makan nasi.

Selain itu, kuning telur berwarna jingga terang dihasilkan oleh ayam yang mengonsumsi makanan yang kaya xantofil dan provitamin A. Beberapa peternak bahkan menambahkan bahan-bahan seperti paprika ke dalam pakan ayam untuk mendapatkan warna kuning telur yang lebih pekat.

Topik Menarik