Lagi, Pasukan Rusia Klaim Rebut Desa di Ukraina Timur

Lagi, Pasukan Rusia Klaim Rebut Desa di Ukraina Timur

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 19:56
share

MOSKOW, iNews.id - Rusia mengklaim telah merebut satu desa lagi di Ukraina Timur, Sabtu (7/9/2024). Kali ini, desa yang direbut adalah Desa Kalynove di Provinsi Donetsk.

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, desa itu terletak sekitar 25 km sebelah tenggara Kota Pokrovsk, pusat logistik utama yang dikuasai Kiev. Pasukan Moskow terus bergerak maju ke Pokrovsk selama berbulan-bulan. Pemerintah Ukraina pun telah memerintahkan evakuasi terhadap anak-anak dari kota itu. 

Rusia mengklaim telah merebut serangkaian desa di daerah tersebut. Kemajuan itu bahkan terus diraih militer Moskow saat mereka berjuang untuk melawan serangan balik besar Ukraina ke Wilayah Kursk, bagian barat negeri beruang merah.

Pada Kamis (5/9/2024) lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, tujuan utama Moskow dalam konflik tersebut adalah untuk merebut seluruh wilayah Donbas--yang terdiri atas Provinsi Donetsk dan Luhansk di Ukraina. 

Rusia sendiri mengklaim telah mencaplok Donetsk dan Luhansk, bersama dengan Provinsi Kherson dan Provinsi Zaporizhzhia pada 2022. Aneksasi itu terjadi beberapa bulan setelah Rusia meluncurkan agresi militer skala penuh ke negeri tetangga satu rumpunnya itu, meskipun Moskow tidak memiliki kendali penuh atas empat provinsi tersebut.

Topik Menarik