Asal Usul Nama Pantai Gondo Mayit: Misteri Surga Tersembunyi Blitar

Asal Usul Nama Pantai Gondo Mayit: Misteri Surga Tersembunyi Blitar

Terkini | okezone | Senin, 7 Oktober 2024 - 12:30
share

ASAL usul nama Pantai Gondo Mayit yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Nama unik pantai ini memang terdengar sedikit menyeramkan.

Pasalnya, dalam bahasa Jawa ‘gondo mayit’ berarti bau mayat. Di balik pesona pasir putih dan ombak garangnya yang memikat, ternyata ada kisah menarik di balik penamaan pantai ini.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat setempat, nama Gondo Mayit berawal dari peristiwa mistis yang terjadi di sekitar kawasan pantai. Konon, di pantai ini sering ditemukan mayat yang terdampar.

Beberapa orang menyebut, mayat-mayat tersebut merupakan korban kapal karam atau kejadian misterius lainnya. Menariknya, setiap ada mayat yang terdampar, akan tercium bau busuk yang sangat menyengat.

Bau tersebut kemudian dianggap sebagai tanda adanya sesuatu yang tidak biasa di area tersebut. Dari sinilah pantai tersebut dinamakan Pantai Gondo Mayit.

Selain legenda terkait bau mayat, ada juga mitos lain yang mengatakan bahwa di masa lalu, pantai ini adalah tempat persinggahan para pelaut yang mengalami kecelakaan laut. Beberapa di antaranya tidak selamat, dan jasad mereka terbawa arus ke pantai ini.

Asal Usul Nama Pantai Gondo Mayit. (Foto: Instagram/@anditakaaro)

Meski demikian, tidak ada bukti konkret yang mendukung cerita ini. Sehingga kisah-kisah ini lebih banyak dianggap sebagai mitos alias cerita rakyat yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Terlepas dari namanya yang menyeramkan, Pantai Gondo Mayit sebenarnya menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pantai ini dikelilingi perbukitan hijau eksotis dengan suasana tenang cocok bagi kaum introvert. 

Pantai yang berdekatan dengan Pantai Tambakrejo ini memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga Gondo Mayit kerap dijadikan destinasi berselancar favorit bagi para surfer dalam dan luar negeri.

 

Akses ke Gondo Mayit

Sebelum menikmati keindahan dan tantangan ombak garang Gondo Mayit, Anda perlu usaha keras untuk mencapai pantai ini. Alasannya, karena jalan menuju pantai ini berbatu dan sedikit terjal. 

Asal Usul Nama Pantai Gondo Mayit. (Foto: Instagram/@onlyfrissst)

Namun pemandangan yang ditawarkan Gondo Mayit setimpal dengan usaha mencapainya. Kesan seram di balik nama pantai ini seketika raib ketika Anda menikmati keindahannya. 

Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati panorama alam dan suasana damai yang ditawarkan pantai ini, sambil tetap penasaran dengan asal-usul nama yang melegenda.*

Topik Menarik