Rumah Warga di Ciamis Nyaris Hangus Akibat Korsleting Listrik

Rumah Warga di Ciamis Nyaris Hangus Akibat Korsleting Listrik

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 3 September 2024 - 09:41
share

CIAMIS, iNewsTasikmalaya.id - Sebuah rumah milik warga bernama Dimas di Dusun Karangpaningal, Desa Karangpaningal, Kecamatan Purwadadi, hampir ludes terbakar akibat korsleting listrik pada Senin (2/9/2024).

Kejadian ini mengundang kepanikan warga setempat, yang segera berdatangan ke lokasi dan berhasil memadamkan api sebelum menjalar ke bagian utama rumah.

Api hanya sempat membakar dinding dan atap kamar berukuran 3x6 meter dari total luas rumah 10x6 meter.

"Saat petugas kami tiba di lokasi, api sudah berhasil dipadamkan oleh warga. Petugas hanya tinggal melakukan asesmen dan pendataan," kata Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis Fery Rochwandi. 

Insiden ini bermula ketika seorang warga yang sedang melintas melihat kepulan asap dan kobaran api dari arah kamar rumah Dimas. 

Warga tersebut segera berteriak meminta bantuan. Tetangga korban dengan sigap memadamkan api secara gotong royong menggunakan alat seadanya.

Endang (57), salah satu warga yang melihat kejadian, langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran yang siaga di Pos WMK Banjarsari. 

 

Ketika petugas damkar tiba, api sudah berhasil dipadamkan oleh warga sehingga tidak sempat merambat ke bagian lain rumah.

Fery menjelaskan bahwa kebakaran tersebut diduga kuat disebabkan oleh korsleting listrik di dalam kamar. 

Percikan api dari korsleting merambat ke dinding dan atap kamar, namun berkat gotong royong warga, kobaran api berhasil dihentikan sebelum meluas.

Kerugian materi akibat kejadian ini diperkirakan mencapai Rp 3 juta. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini.

Fery mengimbau warga untuk tetap waspada, terutama selama musim kemarau yang rawan kebakaran. 

"Kami mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati dan memeriksa instalasi listrik di rumah masing-masing untuk menghindari kejadian serupa," tandasnya.

Topik Menarik