Tertimpa Pohon Tumbang , Rumah Yatim Piatu di Pangkalan Bun Rusak

Tertimpa Pohon Tumbang , Rumah Yatim Piatu di Pangkalan Bun Rusak

Terkini | kobar.inews.id | Minggu, 1 September 2024 - 15:40
share

KOTAWARINGIN BARAT, iNewsKobar.id - Hujan lebat disertai angin kencang yang mengguyur Kota Pangkalan Bun mengakibatkan satu rumah yang dihuni oleh anak yatim piatu di RT 30, Gang Rinjani, Jalan Ahmad Wongso, Kelurahan Madurejo, Kecamatan Arut Selatan, tertimpa pohon tumbang.

Rumah yang dihuni oleh Jeremy Thomas Tito yang berstatus pelajar di SMK Negeri 3 tersebut mengalami kerusakan pada bagian atap dapur. Pohon yang cukup tinggi itu tumbang pada Jumat (30/8/2024) sore.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kobar yang melakukan evakuasi pohon baru selesai menjelang malam hari. Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kobar Martogi Sialagan menyampaikan, mendapat laporan adanya pohon tumbang, personel TRC BPBD langsung bergegas menuju lokasi.

Proses evakuasi pembersihan baik dahan dan batang pohon yang tumbang dilakukan dengan cepat, mengingat waktu sudah menjelang magrib, ujarnya, Sabtu (31/8/2024).

Proses pembersihan menggunakan dua unit gergaji mesin dan perlengkapan lainnya, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka hanya kerusakan ringan pada atap rumah.

Ia mengimbau, agar warga Kota Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat dapat mewaspadai cuaca ekstrem, mengingat dalam sepekan terakhir hujan turun terus menerus. Dan bila terjadi kegawatdaruratan dapat segera menghubungi BPBD Kobar.

Untuk diketahui, hujan deras yang mengguyur Kota Pangkalan Bun, ada Sabtu 31 Agustus 2024 mengakibatkan terjadinya genangan air di jalan permukiman di perumahan Tatas I Kelurahan Baru. Bahkan air genangan akibat hujan masuk hingga ke teras rumah warga. Kita imbau agar masyarakat waspada terhadap cuaca ekstrem, dan mewaspadai timbangan pohon maupun banjir di permukiman.

Topik Menarik