Pelatihan Kerajinan Kulit Kerang, Kades Cikiruhwetan: Terima Kasih KCDKP Banten Wilayah Selatan

Pelatihan Kerajinan Kulit Kerang, Kades Cikiruhwetan: Terima Kasih KCDKP Banten Wilayah Selatan

Terkini | lebak.inews.id | Minggu, 25 Agustus 2024 - 07:40
share

PANDEGLANG, iNewsLebak.id - Dengan adanya pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil yang diselenggarakan Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan (KCDKP) Provinsi Banten Wilayah Selatan, Kepala Desa (Kades) Cikiruhwetan mengucapkan terima kasih. Sabtu (24/8/2024).

Kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir ini berlangsung pada Jum'at, Sabtu, 23, 24 Agustus 2024. Bertempat di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kampung Muara Dua, Desa Cikiruhwetan, Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kepala Desa Cikiruhwetan, Jojon Juheni, mengucapkan terima kasih kepada Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan (KCDKP) Provinsi Banten Wilayah Selatan.

"Saya berterima kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten yang telah mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat pesisir di sini. Semoga kedepan silaturahmi dan perhatian kepada para nelayan di Desa Cikiruhwetan lebih diutamakan," ujarnya.

Sementara itu, pemandu kegitan pemberdayaan masyarakat pesisir di Desa Cikiruhwetan, Sunandar, S.IP.,MAP, mengatakan ada beberapa kelompok peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut.

 

"Peserta yang ada di sini ada empat kelompok, yaitu kelompok Cumi-cumi, Ubur-ubur, Sinar Laut dan Bintang Laut. Untuk jumlah anggota kelompok tersebut ada yang 7 orang dan ada juga yang 8 orang," ucapnya.

Sunandar berharap masyarakat pesisir Pantai khususnya yang ada di Desa Cikiruhwetan bisa berkreatif memanpaatkan bahan yang ada di sekitar lingkungannya.

"Kedepannya masyarakat pesisir ini bisa terus mengembangkan kreatifitasnya memanpaatkan bahan kerang yang ada di sekitar, hal ini untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat sehingga tidak selalu mengandalkan penghasilan suaminya dari laut," tuturnya.

Diketahui, kegiatan ini difokuskan pada pembuatan kerajinan kulit kerang, yang merupakan salah satu potensi lokal yang dapat dikembangkan menjadi produk unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Hadir pada kegiatan ini; Kepala Kantor Cabang DKP Provinsi Banten Wilayah Selatan, Imam Budiono S.E, Danpos AL Binuangeun Letda Dwi Kurniawan, Kepala Desa Cikiruhwetan, Rokim selaku pelatih pemberdayaan, masyarakat pesisir Cikiruhwetan dan yang lainnya.

 

Acara ini dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan (KCDKP) Wilayah Selatan, Imam Budiono, SE. 

Kegiatan ini melibatkan para pengrajin lokal, yang berbagi pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah kulit kerang menjadi berbagai produk kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi. 

Peserta kegiatan yang terdiri dari warga setempat sangat antusias mengikuti pelatihan ini, dengan harapan dapat mengembangkan keterampilan baru yang bermanfaat bagi penghidupan mereka.

Pemerintah daerah setempat berharap kegiatan ini dapat menjadi awal yang baik dalam menggerakkan roda perekonomian lokal, serta menjaga kelestarian sumber daya alam melalui pemanfaatan yang tepat dan berkelanjutan.

Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, diharapkan kerajinan kulit kerang dari Desa Cikiruhwetan dapat menembus pasar yang lebih luas, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Topik Menarik