Percikan Api ke Tangki Bensin, Sepeda Motor Meledak Membakar SPBU di Sukabumi

Percikan Api ke Tangki Bensin, Sepeda Motor Meledak Membakar SPBU di Sukabumi

Terkini | okezone | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 14:28
share

SUKABUMI - Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-43313 atau yang dikenal dengan SPBU Ongkrak di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, alami kebakaran pada Sabtu (24/8/2024). 

Kejadian yang terjadi pada sekira pukul 11.30 WIB tersebut, membuat panik sebagian warga yang berada di sekitar lokasi kejadian. Selain itu, kemacetan pun terjadi karena banyak para warga yang ingin melihat dan mendokumentasikan bencana kebakaran tersebut.

Wadanton Pos V Damkar Cibadak Kabupaten Sukabumi, Heri Hermawan mengatakan, kebakaran berawal dari percikan api sepeda motor yang usai membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di bagian dispenser khusus untuk sepeda motor.
 
"Jadi (dari) sepeda motor keluar api, meledak motornya menyambar ke bangunan pom bensin. Api tidak kena dispenser BBM, (tapi ke bagian) perkantorannya," ujar Heri kepada MNC Portal Indonesia.

Lebih lanjut Heri menerangkan, selepas mengisi BBM lalu sepeda motor tersebut dimajukan ke depan dibawa ke pinggir perkantoran dan disenderin ke perkantor pom bensin dan setelah itu saat mau menyalakan mesin, sepeda motornya meledak.

"Dugaanya intinya motornya kurang safety di perkabelan, tangki motor bocor dan ada tetesan BBM. Jadi pas mau dihidupkan menyala (mengeluarkan api)," ujar Heri.

 

Heri menambahkan, api yang membesar dari sepeda motor lalu membakar bagian atap dan plafon perkantoran SPBU terutama bagian AC dan perkabelan. 

"Sekitar 30 menit penanganan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan APAB  (Alat Pemadam Api Berat), jadi sebelum kami datang, api sudah tertangani jadi tidak terlalu merembet kemana-mana," ujar Heri.

Heri menambahkan, hingga saat ini jumlah kerugian yang dialami korban masih dalam perhitungan. Namun untuk SPBU yang alami kebakaran saat ini sudah aman dan kembali beroperasi seperti biasa.


 

Topik Menarik