Kebakaran SPBU di Sukabumi, Dipicu Motor Meledak saat Dinyalakan usai Isi BBM

Kebakaran SPBU di Sukabumi, Dipicu Motor Meledak saat Dinyalakan usai Isi BBM

Terkini | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 13:22
share

SUKABUMI, iNews.id - Kebakaran terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Ongkrak di jalan raya Sukabumi-Bogor, tepatnya di Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (24/8/2024). Sumber api berasal dari motor meledak usai mengisi BBM.

Informasi yang diperoleh iNews, peristiwa kebakaran ini terjadi pukul 11.30 WIB. Warga sekitar lokasi kejadian sempat dibuat panik hingga memicu kemacetan karena banyak kendaraan berhenti mendokumentasikan kebakaran tersebut.

Wadanton Pos V Damkar Cibadak Kabupaten Sukabumi Heri Hermawan mengatakan, kebakaran berawal dari percikan api motor usai mengisi BBM jenis pertalite.

"Jadi dari motor keluar api. Meledak motornya menyambar ke bangunan pom bensin. Api tidak kena dispenser BBM, (tapi ke bagian) perkantorannya," ujar Heri kepada iNews, Sabtu (24/8/2024).

Lebih lanjut Heri menerangkan, selepas mengisi BBM, motor tersebut dimajukan ke depan dibawa ke pinggir perkantoran dan disandarkan. Setelah itu saat mau menyalakan mesin, motor tiba-tiba meledak.

"Dugaanya intinya motornya kurang safety di perkabelan, tangki motor bocor dan ada tetesan BBM. Jadi pas mau dihidupkan menyala (mengeluarkan api)," katanya.

Heri menambahkan, api yang membesar dari motor lalu membakar bagian atap dan plafon perkantoran SPBU, terutama bagian AC dan perkabelan. 

"Sekitar 30 menit penanganan menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan APAB  (Alat Pemadam Api Berat), jadi sebelum kami datang, api sudah tertangani jadi tidak terlalu merembet kemana-mana," ucapnya,

Heri menambahkan, hingga saat ini jumlah kerugian yang dialami korban masih dalam perhitungan. Namun untuk SPBU yang mengalami kebakaran saat ini sudah aman dan kembali beroperasi seperti biasa.

Topik Menarik