Zulhas Tunjuk Hatta Rajasa Ketua Majelis Penasihat PAN

Zulhas Tunjuk Hatta Rajasa Ketua Majelis Penasihat PAN

Terkini | inews | Sabtu, 24 Agustus 2024 - 06:35
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menunjuk Hatta Rajasa sebagai Ketua Majelis Penasihat PAN. Hatta Rajasa merupakan mantan Ketua Umum PAN periode 2010-2015.

Penunjukan Hatta ini dilakukan setelah Zulhas ditetapkan sebagai Ketua Umum PAN periode 2024-2029.

Ketua Steering Committee Kongres VI PAN, Viva Yoga Mauladi menjelaskan, Zulhas sebagai Ketum PAN punya kewenangan memilih Ketua Majelis Partai.

"Tadi telah ditetapkan untuk Ketua Majelis Penasihat tetap, yaitu saudaraku Hatta Rajasa. Pak Hatta yang akan terus menemani kami di DPP PAN dalam 5 tahun depan," kata Viva di Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024).

Zulhas sebagai formatur tunggal telah diberikan hak prerogatif untuk menyusun kepengurusan periode 2024-2029. Kepengurusan ini nantinya akan diserahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Masih ada sisa waktu sekitar 30 hari kan, masih ada sisa waktu, masih lama. Demikian hasil keputusan dari Kongres ke-6 PAN yang tentu berbeda dengan kongres-kongres sebelumnya," ujarnya. 

Sebelumnya, Zulkifli Hasan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum PAN periode 2024-2029. Keputusan ini diambil dalam Kongres VI PAN yang berlangsung di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2024) malam.

Pembukaan Kongres PAN turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Topik Menarik