Ribuan Peserta Karnaval Anak-Anak, Angkat Budaya Lokal dan Dukung Berdirinya Nusantara Baru

Ribuan Peserta Karnaval Anak-Anak, Angkat Budaya Lokal dan Dukung Berdirinya Nusantara Baru

Terkini | sragen.inews.id | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 20:40
share

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Ribuan peserta karnaval anak-anak di Grobogan, Jawa Tengah, meriahkan acara karnaval budaya yang mengusung tema "Nusantara Baru" dan kebhinekaan.

Acara ini bertujuan mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara Baru serta mempromosikan pariwisata lokal dengan menampilkan berbagai budaya dan sejarah khas Grobogan.

Karnaval dimulai dengan peragaan baris berbaris dan atraksi teatrikal bertema "Api Abadi Mrapen" oleh kelompok polisi cilik, yang disaksikan oleh Bupati Grobogan, Dandim 0717, dan Kapolres Grobogan.

Sebanyak 65 kelompok peserta memeriahkan acara dengan kreasi unik yang mendukung pembangunan Nusantara Baru dan mempererat persatuan dalam kebhinekaan.

Habibi, salah satu peserta dari kelompok polisi cilik dari SD Negeri Satu Kuripan, Purwodadi, mengungkapkan antusiasmenya untuk memperkenalkan budaya lokal melalui tarian yang mengangkat tema "Api Abadi Mrapen", yang merupakan ikon Grobogan.

Beberapa kelompok peserta juga menampilkan kreasi dengan tema Gedung IKN dan burung Garuda, simbol dukungan terhadap pembangunan Nusantara Baru, dengan harapan Indonesia dapat berkembang dan maju.

 

Bupati Grobogan, Sri Sumarni, menambahkan bahwa Grobogan merupakan kota dengan sejarah penting, termasuk legenda Jaka Tarub, Api Abadi Mrapen, serta cerita Bledug Kuwu dalam legenda Jaka Linglung dan Prabu Dewata Cengkar.

Karnaval ini juga menampilkan berbagai kesenian dan budaya dari luar Jawa, seperti pakaian dan rumah adat khas Papua, sebagai bentuk perayaan kebhinekaan.

Acara ini menarik perhatian warga Grobogan yang memadati ruas jalan protokol dan jalur ke Pendopo Kabupaten Grobogan.

Sebagai dampaknya, arus lalu lintas menuju Kota Purwodadi dialihkan ke jalur alternatif untuk mengakomodasi kemeriahan karnaval.

Topik Menarik