Dasco dan Habiburokhman Datangi Polda Metro, Minta Polisi Bebaskan Pendemo

Dasco dan Habiburokhman Datangi Polda Metro, Minta Polisi Bebaskan Pendemo

Terkini | inews | Jum'at, 23 Agustus 2024 - 16:02
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco dan anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR, Habiburokhman mendatangi Polda Metro Jaya, Jumat (23/8/2024). Keduanya datang untuk membesuk para demonstran yang ditangkap saat aksi menolak RUU Pilkada di Gedung DPR kemarin.

Mereka meminta polisi segera membebaskan para demonstran yang ditangkap khususnya yang tidak melakukan tidak pidana berat.

"Hari ini sekaligus kami ingin meminta kepada pihak kepolisian agar adik-adik bisa dikembalikan segera ke rumahnya, sepanjang tidak ada pelanggaran tindak pidana yang berat, demikian," kata Dasco. 

"Dan kami akan menjamin untuk mereka dikeluarkan, dan kami berterima kasih pada pihak kepolisian yang kemarin telah bersama-sama menjaga aksi dengan baik di DPR," katanya.

Selain itu, kedua politikus Partai Gerindra itu akan mengecek para peserta aksi yang saat ini tengah ditahan di beberapa polres dan polsek di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Kita akan cek seluruh wilayah Polda Metro dengan catatan bukan dengan pelaku tindak pidana berat," ujar Dasco.

Sebelumnya, polisi menangkap total 301 orang terkait aksi demonstrasi menolak revisi Undang Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta pada Kamis (22/8/2024) kemarin. Mereka diamankan di berbagai kantor polisi di Jakarta.

"Ada 301 orang yang diamankan Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Timur, Polres Metro Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan jajaran polsek," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Ade Ary Syam Indradi, Jumat (23/8/2024).

Dia mengatakan, 301 orang itu diamankan atas dugaan perusakan fasilitas umum hingga tindakan kekerasan terhadap anggota yang bertugas.

Topik Menarik