Apa Maksud Peringatan Darurat Garuda Biru yang Ramai di Medsos?

Apa Maksud Peringatan Darurat Garuda Biru yang Ramai di Medsos?

Terkini | okezone | Kamis, 22 Agustus 2024 - 07:40
share

JAKARTA- Apa maksud peringatan darurat garuda biru yang ramai di medsos menarik dikulik. Terlebih, tagar ini banyak diposting masyarakat umum bahkan public figur hingga pelaku ekonomi.

Hal ini berawal saat DPR RI dan pemerintah berupaya menganulir putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah syarat pencalonan di pilkada.

Lantas apa maksud peringatan darurat garuda biru yang ramai di medsos? Ternyata ini bukti kekecewaa netizen di tengah langkah DPR RI dan pemerintah mengebut pembahasan Revisi Undang-Undang Pilkada dengan mengabaikan putusan MK.

Gambar lambang burung garuda berlatar biru bertulis 'Peringatan Darurat' mulanya diunggah di akun kolaborasi media sosial narasinewsroom, @najwashihab, @matanjawa, dan @narasi.tv di tengah upaya menganulir putusan MK lewat percepatan pembahasan revisi UU Pilkada di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta hari ini. Kemudian netizen turut memviralkan sebagai bentuk perlawanan atas pengabaian putusan MK.

Gambar lambang burung garuda biru bertulis 'Peringatan Darurat' itu sejatinya merupakan tangkapan layar video tayangan TVRI zaman dulu.

Tampilan video itu bisa dilihat dari unggahan YouTube EAS Indonesia Concept. Judul videonya adalah "EAS Indonesia Concept (24/10/1991), ANM-021 (Mesem) - First Encounter". Video berdurasi 1 menit itu diunggah ke Youtube pada 24 Oktober 2022.

Topik Menarik