PDIP Umumkan 6 Nama Cagub-Cawagub Maju Pilkada 2024, Ada Nama Anies?

PDIP Umumkan 6 Nama Cagub-Cawagub Maju Pilkada 2024, Ada Nama Anies?

Terkini | inews | Kamis, 22 Agustus 2024 - 14:42
share

JAKARTA, iNews.id - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP telah mengumumkan enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada serentak 2024. Namun, perhatian publik tertuju pada satu nama yang tidak disebutkan dalam daftar tersebut, yakni Anies Baswedan.

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa pengumuman ini mencakup total 169 calon kepala daerah, terdiri dari enam provinsi, 151 kabupaten, dan 12 kota. Meski begitu, pengumuman calon gubernur untuk wilayah Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur belum dilakukan.

"Untuk Jakarta masih menunggu keputusan Ibu Mega (Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri), demikian pula untuk Jawa Tengah dan Jawa Timur," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis (22/8/2024).

Spekulasi mengenai kemungkinan pencalonan Anies Baswedan untuk Jakarta semakin menguat setelah pernyataan dari Masinton Pasaribu, anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Fraksi PDIP.

Masinton menegaskan bahwa PDIP akan mendaftarkan calon sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan tidak akan terpengaruh oleh perubahan aturan yang dianggap hanya untuk kepentingan penguasa.

"Kami akan mendaftarkan. Bukan hanya kami, partai-partai lain juga yang memenuhi syarat berdasarkan putusan MK, silakan gunakan. Jangan mau ikut aturan yang diubah-ubah untuk kepentingan penguasa hari ini," tegas Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8/2024).

Masinton juga menyebut bahwa pendaftaran Anies Baswedan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan dilakukan pada 27 Agustus 2024. "Jika PDI Perjuangan mencalonkan Pak Anies Baswedan, kita kawal beramai-ramai ke KPU Jakarta," ujarnya.

Berikut ini enam cagub-cawagub yang diumumkan, Kamis (22/8/2024) :

1. Jambi: Al Haris dan Abdullah Sani
2. Kepulauan Bangka Belitung: Hidayat Arsani dan Heliana
3. Kepulauan Riau: Muhammad Rudi dan Aunur Rafiq
4. Bali: I Wayan Koster dan I Nyoman Giri Prasta
5. Papua Tengah: Meki Nawipa dan Deinas Geley
6. Papua Selatan: Apolo Safanpo dan Paskalis Imadawa

Topik Menarik