Thailand Laporkan Kasus Pertama Suspek Cacar Monyet Mpox Varian yang Berbahaya

Thailand Laporkan Kasus Pertama Suspek Cacar Monyet Mpox Varian yang Berbahaya

Terkini | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 16:57
share

BANGKOK, iNews.id Thailand melaporkan kasus pertama suspek cacar monyet alias mpox varian berbahaya yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru-baru ini. Pasien tersebut adalah seorang warga Eropa yang berkunjung ke Thailand dan sempat singgah ke Afrika sebelumnya.

Kepala Departemen Pengendalian Penyakit Thailand, Thongchai Keeratihattayakorn mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorim terhadap spesimen dari pasien itu. Akan tetapi para pejabat meyakini turis Eropa itu terinfeksi cacar monyet varian Clade 1 berdasarkan gejala yang dialaminya. Saat ini pasien terebut telah dikarantina di rumah sakit.

Kami menduga orang itu mengidap varian Clade 1, tetapi kami masih harus menunggu hasil akhir uji di laboratorium untuk dua hari lagi atau lebih, ucap Thongchai kepada AFP, Rabu (21/8/2024).

Kasus infeksi dan kematian akibat virus mpox merebak di Afrika. Wabah penyakit tersebut dilaporkan di Republik Demokratik Kongo (DRC), Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda sejak Juli.

Penyakit itu disebabkan oleh virus yang ditularkan oleh hewan. Akan tetapi, mpox juga bisa menyebar dari manusia ke manusia lewat kontak fisik. Infeksi cacar monyet menyebabkan demam, nyeri otot, dan lesi yang melepuh di kulit.

Saat ini, mpox varian Clade 1b menyebabkan kematian pada 3,6 persen dari total kasus. Menurut WHO, anak-anak juga menjadi kelompok yang rentan akan penularan virus itu. Badan kesehatan PBB itu pun telah menetapkan status wabah mpox saat ini sebagai darurat kesehatan global.

Topik Menarik