PAN Resmi Usung Yusuf-Hendro untuk Pilkada Tasikmalaya 2024

PAN Resmi Usung Yusuf-Hendro untuk Pilkada Tasikmalaya 2024

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:50
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi menetapkan pasangan Muhammad Yusuf dan Hendro Nugraha sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tasikmalaya untuk Pilkada serentak yang akan digelar pada 27 November 2024.

Penetapan ini diperkuat dengan keluarnya surat rekomendasi model B1 KWK dari DPP PAN yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dan Sekretaris Jenderal, Eddy Suparno, pada 19 Agustus 2024.

Dengan dikeluarkannya surat tersebut, pasangan Yusuf-Hendro, yang disingkat menjadi "Yusro," menjadi pasangan pertama yang secara resmi diusung untuk Pilkada Kota Tasikmalaya.

Mereka diusung sebagai hasil koalisi antara Partai Golkar dan PAN, dan direncanakan akan segera didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya pada 27 Agustus 2024.

Juru bicara Tim Desk Pilkada DPD PAN Kota Tasikmalaya, Trisna Senjaya, membenarkan bahwa DPP PAN telah mengeluarkan rekomendasi tersebut.

"Iya, sudah resmi. Surat rekomendasi diserahkan langsung oleh Wakil Ketua Umum sekaligus Ketua Bapilu Pusat, Yandri Susanto, kepada Pak Hendro di Jakarta pada 20 Agustus 2024," ujar Trisna melalui pesan WhatsApp pada Rabu (21/8/2024).

Menurut Trisna, pasangan Yusuf-Hendro sudah siap untuk melangkah lebih lanjut dan mendaftar sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota ke KPU. "InsyaAllah, tinggal mendaftar ke KPU," tegasnya.

Saat ini, pihak PAN tengah menunggu Surat Keputusan (SK) dari Partai Golkar untuk pasangan Yusuf-Hendro.

"Kita sedang menunggu SK dari Golkar, yang saat ini masih dalam proses karena ada Munas. Setelah Munas selesai, SK dari DPP Golkar diharapkan segera terbit," jelas Trisna.

Lebih lanjut, Trisna mengungkapkan bahwa setelah SK dari Golkar diterbitkan, pihaknya berencana untuk mengadakan deklarasi publik untuk pasangan Yusuf-Hendro.

"Kita juga sudah mempersiapkan langkah pendaftaran ke KPU. Mudah-mudahan di hari pertama pembukaan pendaftaran, kita sudah bisa mendaftar tanpa kendala," tambahnya.

Di tempat terpisah, Sekretaris DPD Partai Golkar, Eris Hermawan, menyatakan bahwa Partai Golkar sangat mendukung keputusan PAN.

"Kami menyambut baik keputusan PAN. Pak Hendro, yang diusulkan sebagai calon Wakil Wali Kota, adalah sosok yang tidak asing bagi Partai Golkar, karena beliau merupakan Ketua DPD PAN Kota Tasikmalaya," ujar Eris.

Eris juga berharap bahwa pemilih dari Partai Golkar dan PAN akan bersatu untuk memenangkan pasangan Yusuf-Hendro dalam Pilkada mendatang.

"Mudah-mudahan pemilih dari kedua partai solid dan kompak untuk memenangkan pasangan ini," pungkasnya.

Terkait penerbitan SK dari Partai Golkar, Eris menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan konsultasi dengan Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu wilayah 1 (Banten-Pulau Jawa).

"Kami sudah melaporkan terkait SK dari PAN dan mereka menyambut baik. Mudah-mudahan setelah Munas, SK dari Golkar bisa segera turun," tandasnya.

Topik Menarik