Ini Tips Maksimalkan Manfaat Video Game untuk Anak

Ini Tips Maksimalkan Manfaat Video Game untuk Anak

Terkini | okezone | Rabu, 21 Agustus 2024 - 14:15
share

VIDEO game sering kali dipandang negatif bagi anak-anak, sehingga menyebabkan orang tua melarang anaknya bermain game. Hal ini sering kali disalahkan pada masalah kesehatan mental, terutama karena kekhawatiran akan kecanduan.

Menurut Hindustan Times, video game berada dalam zona abu-abu. Meskipun jadi cara mudah untuk bersantai dan melakukan yang terbaik, bermain video game menguji kemampuan Anda untuk menyeimbangkan manfaat dan risiko.

Sebuah penelitian yang dilakukan antara tahun 2020 dan 2022 di Jepang dengan hampir 100.000 peserta menemukan korelasi positif antara penggunaan video game dan kesehatan mental yang lebih baik. Namun penelitian ini juga memperingatkan kemungkinan efek samping.

Video game adalah salah satu bentuk pelarian dan membantu mengurangi kecemasan dan stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki konsol video game dapat meningkatkan rasa sejahtera.

Selain itu, video game memberikan pengalaman menarik dan kreatif untuk meningkatkan keterampilan kognitif, keterampilan memecahkan masalah, navigasi visual-spasial, dan koordinasi tangan-mata. Namun, obrolan terkait bermain game diperlukan agar tetap terjadi komunikasi di dunia nyata.
Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan masalah kesehatan, dan dalam beberapa kasus kebiasaan ini pun dapat memengaruhi pola makan dan tidur.

Namun, melarang video game sama sekali bukanlah jawabannya. Ketika ada sesuatu yang dipesan, ada lebih banyak permintaan. Sebaliknya, cobalah mencari keseimbangan.

Untuk memaksimalkan manfaat video game, penting untuk meminimalkan risiko dengan memainkan game yang seimbang. Pastikan waktu bermain tidak mengganggu aktivitas penting seperti makan, tidur, olahraga, dan aktivitas sehari-hari lainnya. Dunia seharusnya tidak hanya berputar di sekitar video game.

Menetapkan batas waktu tertentu, memantau waktu pemakaian perangkat, dan mendorong aktivitas fisik penting untuk mengontrol konsumsi video game. Terkadang menawarkan hadiah untuk memenuhi tenggat waktu dapat menjadi insentif untuk terus memenuhinya.

Pastikan game yang Anda mainkan sesuai dengan usia dan tidak mengandung kekerasan. Perhatikan pola makan Anda, terutama jika Anda cenderung melewatkan waktu makan dan makan berlebihan saat bermain.

Daripada memberikan hukuman, mintalah anak-anak untuk duduk bersama dan menjelaskan konsekuensi negatif dari permainan yang berlebihan. Hindari dengan mendiskusikan kasus nyata di mana permainan terhenti. Hubungan yang sehat dengan video game dapat dicapai dengan bimbingan orang tua yang tepat.

Topik Menarik