Profil dan Biodata Pratama Arhan, Jadi Sorotan karena Azizah Salsha Diduga Selingkuh

Profil dan Biodata Pratama Arhan, Jadi Sorotan karena Azizah Salsha Diduga Selingkuh

Terkini | inews | Rabu, 21 Agustus 2024 - 10:56
share

JAKARTA, iNews.id - Profil Pratama Arhan, bintang Timnas Indonesia yang diterpa isu perselingkuhan istrinya Nurul Azizah Rosiade atau yang lebih dikenal dengan nama Azizah Salsha atau Zize, selebgram sekaligus influencer asal Jakarta. Kabar ini mengguncang media sosial di Tanah Air dalam dua hari terakhir.

Profil dan Biodata Pratama Arhan

Bek sayap andalan pelatin Shin Tae-yong di Timnas Indonesia lahir dengan nama lengkap Pratama Arhan Alif Rifai di Blora, Jawa Tengah tanggal 21 Desember 2001 yang kini berusia 23 tahun. Dia tercatat sebagai pemain sepak bola profesional untuk klub Suwon di K1-League di tahun 2024.

Kisah Percintaan

Azizah Salsha dan Pratama Arhan unggah foto pernikahan di tengah isu perselingkuhan.
Azizah Salsha dan Pratama Arhan unggah foto pernikahan di tengah isu perselingkuhan.

Pratama Arhan menikahi kekasihnya Azizah Salsha, putri anggota DPR RI Andre Rosiade. Pernikahan digelar di Masjid Indonesia Tokyo, Jepang pada 20 Agustus 2023. Pada acara tersebut, Ketua Umum PSSI Erick Thohir tampik menjadi saksi pernikahan.

Sehari sebelumnya tanggal 20 Agustus 2024, Pratama Arhan baru saja merayakan hari ulang tahun pernikahan pertama dengan Azizah Salsha. Dia mengunggah foto pernikahan di tengah merebaknya isu perselingkuhan.

Karier Sepak Bola

Pratama Arhan memulai karier sepak boladengan bergabung dengan klub pemuda SSB Putra Mustika. Dia juga sempat bergabung dengan klub pemuda SSB Terang Bangsa dan PSIS Semarang.

Dia memulai debut di Liga 1 PSIS Semarang pada 1 Januari 2020 saat melakoni laga kompetisi Piala Menpora 2021. Setelah sukses bersama PSIS, Pratama Arhan diboyong tim profesional Jepang Tokyo Verdy dengan status bebas transfer pada 16 Februari 2022.

Arhan memiliki nilai plus sebagai full back serba bisa. Dari laman Transfermarkt, pesepakbola Indonesia ini memiliki nilai pasaran dengan harga 325 ribu euro atau setara Rp5,26 miliar.

Arhan juga tercatat sebagai mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang jurusan ekonomi manajemen. Berkat prestasinya, dia diberikan beasiswa hingga S2.Namun Arhan memiliki impian untuk berkarier sepak bola di luar negeri.

Gaya Bermain

Arhan Pratama dikenal dengan kemampuan lemparan mematikan ke dalam dengan jarak jauh. Tak jarang lemparan ini membuahkan gol penentu.

Dia biasa bermain sebagai bek kiri, namun juga mampu mengisi posisi bek kanan hingga gelandang. Arhan juga memiliki kemampuan mencetak gol melalui bola tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti dan sejumlah media kerap memberi pujian atas kemampuan tersebut.

Pratama Arhan menjadi model dalam peluncuran jersey ketiga Suwon FC yang bermotif batik, Rabu (17/7/2024).  (Foto: Instagram @suwonfc)
Pratama Arhan menjadi model dalam peluncuran jersey ketiga Suwon FC yang bermotif batik, Rabu (17/7/2024). (Foto: Instagram @suwonfc)
Topik Menarik