Indonesia Selangkah Lagi Capai Kesepakatan Perdagangan Bebas dengan EAEU

Indonesia Selangkah Lagi Capai Kesepakatan Perdagangan Bebas dengan EAEU

Terkini | inews | Selasa, 20 Agustus 2024 - 17:13
share

MOSKOW, iNews.id - Negosiasi mengenai perjanjian perdagangan bebas antara Uni Ekonomi Eurasia (EAEU) dan Indonesia kini sudah berada pada tahap akhir. Naskah perjanjiannya pun sedang dirampungkan.

"Putaran konsultasi kelima (Indonesia dan EAEU) diadakan pada akhir Juli, dan para pihak sedang menyelesaikan teks rancangan perjanjian," kata Direktur Departemen Pertama Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS), Mikael Agasandyan, kepada Sputnik.

CIS adalah organisasi kawasan yang terdiri atas negara-negara bekas Uni Soviet. EAEU sendiri diprakarsai oleh lima anggota CIS yang berada di kawasan Eurasia, yaitu Rusia, Kirgizstan, Kazakhstan, Armenia, dan Belarusia.

Bulan lalu, Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Indonesia dan Presiden terpilih RI Prabowo Subianto. Salah satu topil yang dibahas adalah mengenai hubungan dagang kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Putin menekankan bahwa perjanjian perdagangan bebas antara EAEU dan Indonesia akan memainkan peran penting dalam mengembangkan hubungan perdagangan antara Rusia dan Indonesia.

Topik Menarik