Dorong Pendidikan Vokasi, DAIKIN Hadirkan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 2 Kendal

Dorong Pendidikan Vokasi, DAIKIN Hadirkan Pusat Keunggulan di SMK Negeri 2 Kendal

Terkini | joglosemar.inews.id | Selasa, 20 Agustus 2024 - 16:40
share

KENDAL, iNewsJoglosemar.id PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan masyarakat Indonesia melalui inisiatif sosial di bidang pendidikan. Perusahaan asal Jepang ini meresmikan DAIKIN Center of Excellence di SMK Negeri 2 Kendal, Senin (20/8/2024).

Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya kolaborasi DAIKIN dengan sekolah menengah kejuruan dalam meningkatkan kompetensi siswa dan tenaga pengajar di bidang refrigerasi dan tata udara. Komitmen ini didukung sinergi antara DAIKIN dan pemerintah Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan vokasi.

"Dirancang sebagai pusat keunggulan, keberadaannya menjadi tempat pelatihan dan pengembangan kompetensi bagi siswa didik dan tenaga pengajar, khususnya terkait dengan refrigerasi dan tata udara," ujar Budi Mulia, Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia.

Nota kesepahaman antara DAIKIN dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia pada 25 Juli 2019 menjadi dasar utama kolaborasi ini. Kerja sama tersebut mencakup penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, hingga pengadaan unit praktek di sekolah-sekolah yang bekerja sama dengan DAIKIN.

DAIKIN Center of Excellence merupakan fase lebih lanjut bagi lembaga pendidikan vokasi pilihan, meningkatkan kolaborasi yang telah terjalin baik sebelumnya, tambah Budi.

Fasilitas tersebut mencakup ruang kelas khusus yang dilengkapi dengan perangkat pendingin udara DAIKIN untuk kebutuhan praktik siswa. Selain itu, ruang ini juga berfungsi sebagai pusat pelatihan untuk guru dan tenaga pengajar terkait.

Keberadaan DAIKIN Center of Excellence ini tak hanya bermanfaat bagi SMK Negeri 2 Kendal, tetapi juga berpotensi menjangkau mitra sekolah dan asosiasi terkait di wilayah Kendal dan sekitarnya. DAIKIN berharap, pusat pelatihan ini dapat membantu meningkatkan ketersediaan tenaga kerja yang kompeten dalam bidang refrigerasi dan tata udara di Indonesia.

Saat ini, DAIKIN memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia serta 1.400 mitra bisnis. Dengan rencana pembangunan fasilitas produksi baru di Cikarang, kebutuhan akan tenaga ahli semakin meningkat.

"Semakin tingginya kompetensi calon tenaga ahli memberi peluang besar bagi pelaku industri untuk mendapatkan sumber daya manusia unggul," ujar Budi Mulia.

Kepala SMK Negeri 2 Kendal, Suyanta, S.Pd., M.Pd., juga menyampaikan harapannya agar sinergi dengan DAIKIN dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kualitas pendidikan serta kompetensi tenaga kerja Indonesia di masa mendatang.

Topik Menarik