Mengenal Apa Itu Motor Ngejim? Serta Cara Mencegah Piston Macet

Mengenal Apa Itu Motor Ngejim? Serta Cara Mencegah Piston Macet

Terkini | okezone | Selasa, 20 Agustus 2024 - 14:09
share

JAKARTA - Mengenal apa itu motor ngejim serta cara mencegah piston macet bakal diulas dalam artikel ini. Motor ngejim adalah istilah untuk piston motor yang macet.

Dari informasi yang dihimpun, Selasa (20/8/2024), sebenarnya istilah motor ngejim berasal dari bahasa Inggris yakni "jam" yang berarti macet. Dari hal ini, motor ngejim berarti menggambarkan motor macet. Istilah ini terjadi saat piston macet sehingga kendaraan tidak bisa dinyalakan.

Hal ini bisa membuat pengendara motor kaget. Itu karena piston yang macet juga bisa menjadi pertanda adanya kerusakan. Motor 2 tak biasanya paling sering mengalami kejadian ini.

Motor ngejim ini umumnya disebabkan oli bermasalah. Mulai dari kehabisan oli, kualitas oli yang jelek, hingga distribusi oli tak maksimal. Ini mengakibatkan oli tidak bisa melumasi seluruh bagian komponen. Oli bermasalah ini bisa mengakibatkan kemacetan pada piston.

Sementara pada motor 2 tak umumnya motor ngejim karena adanya masalah pada oli samping. Motor ngejim bisa terjadi saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Lalu bagaimana cara mencegah agar piston tidak macet? Dilihat dari akun YouTube Vintage Sentinel, begini cara mencegahnya :

1. Motor ngejim disebabkan kualitas oli yang jelek, termasuk oli samping untuk motor 2 tak. Karena itu, pilihlah oli berkualitas untuk menghindari piston macet.

2. Gunakanlah oli samping sesuai takarannya. Sebagai pengingat, standar pabrikan adalah 200 cc per 1 liter. Namun,motor yang lebih tua bisa mengonsumsi lebih banyak yakni 25 hingga 35 cc per liter.

3. Campuran Oli. Masukkan oli samping di tangki BBM sesuai takaran bensin yang dimasukkan, lalu masukkan bensin ke tangki.

4. Pastikan pompa oli samping dan peralatan terkait tidak masalah.

5. Cek kondisi seal pengunci yang terkait dengan oli.

6. Cek kondisi piston dan ring piston normal atau tidak aus.

7. Cara terakhir adalah hindara menggeber motor pada kecepatan maksimal.

Topik Menarik