Ini Makna Jokowi Pakai Baju Bangsawan Ujung Serong Betawi di Sidang Tahunan MPR

Ini Makna Jokowi Pakai Baju Bangsawan Ujung Serong Betawi di Sidang Tahunan MPR

Terkini | inews | Jum'at, 16 Agustus 2024 - 12:06
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian baju Bangsawan Ujung Serong asal Betawi dalam Sidang Tahunan MPR di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2024). Maknanya terima kasih untuk Kota Jakarta sebagai Ibu Kota. 

“Presiden memaknai pakaian adat betawi sebagai simbol terima kasih untuk Kota Jakarta yang sudah resmi menjadi Ibu Kota sejak tahun 1966,” kata Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, Abetnego Tarigan di Jakarta, Jumat (16/8/2024).

Abetnego menjelaskan pakaian adat yang dipilih oleh Presiden mencerminkan nilai-nilai kesopanan, ketaatan terhadap agama, kekuatan, dan kebijaksanaan. Pakaian yang memiliki simbol tegas dan berani, serta kebijaksanaan yang sangat dihormati dalam budaya Betawi.

“Betawi merepresentasikan wajah Indonesia, jauh sebelum Indonesia merdeka,  mengenai akulturasi yang kuat dari berbagai suku bangsa di Indonesia,” ungkapnya.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia KSP ini juga menjelaskan filosofi di balik baju adat Betawi ini. Yaitu sebagai perjuangan bersama selama 10 tahun ini dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa demi memajukan Indonesia.

“Seperti halnya pakaian ini yang telah bertahan melintasi zaman, bangsa Indonesia juga telah menunjukkan ketangguhan dan kegigihan dalam membangun negeri dengan cerminan nilai-nilai luhur,” pungkas Abetnego.

Topik Menarik