MUI Desak Pemerintah Setop Keran Ekspor-Impor dengan Israel

MUI Desak Pemerintah Setop Keran Ekspor-Impor dengan Israel

Terkini | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 15:11
share

JAKARTA, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak Pemerintah Indonesia untuk menghentikan kegiatan ekspor-impor Indonesia dengan Israel. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut angka tersebut meningkat.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim menyesali langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah yang sangat lamban terkait produk-produk Israel yang masuk ke Indonesia.

"Ini tidak sesuai undang-undang perlindungan konsumen. Harusnya segera pemerintah, paling tidak, setelah MUI mengeluarkan fatwa, pemerintah harus segera mengkontrol pasar," kata Sudarnoto dikutip dalam laman resmi MUI, Jumat (5/7/2024).

Sudarnoto menuturkan Israel diduga menggunakan dana keuntungan dari jual belinya untuk mempersenjatai diri dan memerangi Palestina.

"Hemat saya, ini adalah tugas pemerintah untuk mengkontrol pasar. Produk apa saja yang sebetulnya dipasarkan. Menyetop adanya kegiatan impor ekspor Indonesia Israel dan sebaliknya," katanya.

Dia meminta masyarakat yang dikenal sangat membela Palestina tidak boleh dibiarkan mengonsumsi barang dari Israel. Menurutnya, hingga saat ini, belum ada tindakan atau langkah-langkat yang konkret dari pemerintah untuk mengkontrol pasar.

"Menyetop itu berarti mengajak semua masyarakat beserta seluruh ormas untuk bersama-sama komitmen, jangan mengkhianati amanah Undang-Undang Dasar 1945," paparnya.

Sudarnoto menegaskan MUI ingin mengetuk pintu hati pemerintah untuk segera melakukan langkah strategis dan taktis untuk menghentikan kegiatan bisnis dengan Israel.

"MUI ingin mengetuk hati pemerintah segera melakukan langkah strategis dan taktis untuk menghentikan kegiatan bisnis impor ekspor Israel dan Indonesia. Ini sangat berbahaya," tuturnya.

Topik Menarik