Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Presiden Jokowi Lepas Bantuan Kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan

Terkini | inews | Senin, 8 Juli 2024 - 17:51
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan untuk Papua Nugini dan Afghanistan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024). Diketahui, dua negara tersebut dilanda bencana besar beberapa bulan lalu.

"Kita tahu pada 24 Mei 2024 telah terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga di Papua Nugini. Pada bulan Oktober 2023 juga terjadi bencana gempa bumi di Afghanistan yang menimbulkan banyak korban jiwa dan pengungsi," kata Jokowi.

"Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah. Karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan untuk saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, di Papua Nugini maupun Afghanistan," sambungnya.

Jokowi mengungkapkan, bantuan yang dikirimkan ke Papua Nugini senilai Rp18 miliar. Bantuan tersebut dalam bentuk makanan dan obat-obatan.

Sementara bantuan ke Afghanistan terdiri atas 10 item senilai Rp17,5 miliar.

Presiden berharap, bantuan tersebut dapat meringankan masyarakat Papua Nugini dan Afghanistan. Dengan demikian, kedua negara tersebut bisa bangkit kembali.

"Saya pesan agar delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan ini menjaga amanah sebaik-baiknya. Dan jaga keselamatan selama bertugas dan selamat kembali ke Tanah Air," katanya.

Dalam pelepasan bantuan tersebut, Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BNPB Suharyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Topik Menarik