5 Berita Populer: Kata Korban usai Hasyim Asy'ari Dipecat hingga Timnas Peringkat 3 Piala AFF U-16

5 Berita Populer: Kata Korban usai Hasyim Asy'ari Dipecat hingga Timnas Peringkat 3 Piala AFF U-16

Berita Utama | inews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 07:00
share

JAKARTA, iNews.id – Anggota PPLN Belanda berinisial CAT memberikan tanggapan usai Hasyim Asy’ari dipecat dari jabatan sebagai Ketua KPU. Saat hadir di sidang DKPP di Jakarta, CAT mengaku sengaja datang dari Belanda untuk mengikuti sidang tersebut. 

Berita populer lainnya adalah Timnas Indonesia U-16 rebut peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024. Berikut rangkuman berita populer iNews.id pada Kamis (4/7/2024).

1. Anggota PPLN Belanda Buka Suara usai Hasyim Asy'ari Dipecat dari Ketua KPU

CAT, anggota PPLN Belanda hadir dalam sidang DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) di Jakarta pada Rabu (3/7/2024). Sidang tersebut memutuskan Hasyim Asy’ari dipecat dari Ketua KPU. 

"Di sini saya datang dari Belanda untuk menghadiri langsung persidangan ini karena saya sendiri ingin mengikuti melihat bagaimana keadilan di Indonesia ditegakkan dan sekarang adalah buktinya di mana semua keadilan itu ditegakkan oleh DKPP," ujar dia setelah menghadiri persidangan di DKPP, Jakarta, Rabu (3/7/2024).

2. Breaking News, Hasyim Asy'ari Dicopot dari Ketua KPU RI

Hasyim Asy’ari resmi dicopot dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI pada Rabu (3/7/2024). Hal tersebut berdasarkan keputusan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) dalam sidang di Jakarta. Hasyim diduga telah melakukan tindakan asusila terhadap anggota PPLN Den Haag, Belanda. 

"Menjatuhkan sanksi pemberhetian tetap kepada teradu Hasyim Asyari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum terhitung sejak putusan ini dibacakan," Kata Ketua Majelis sidang, Heddy Lugito di ruang rapat Utama DKPP, Rabu (3/7/2024).

3. Timnas Indonesia U-16 Rebut Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024 usai Bantai Vietnam

Garuda Muda sukses mengalahkan Vietnam dengan skor telak 5-0 dalam Piala AFF U-2016. Pertandingan berlangsung ketat dan berlangsung pada Rabu (3/7/2024) di Stadion Manahan, Solo.  

Dengan begitu, skuad Indonesia U-16 berhasil meraih posisi ketiga dalam ajang tersebut. Meskipun sempat mendapat tekanan, namun anak-anak asuhan Nova Arianto itu berhasil mengatasinya hingga unggul 5 gol tanpa balas.

4. Terungkap Hasyim Asy'ari Paksa Anggota PPLN Hubungan Badan, Janji Akan Dinikahi

Hasyim Asy’ari diketahui menjanjikan untuk menikahi anggota PPLN Den Haag, Belanda berinisial CAT. Hal itu terungkap dalam sidang DKPP pada Rabu (3/7/2024). 

Hasyim dan CAT bertemu di Bali saat rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahapan Pemilu Tahun 2024 pada 9 Juli sampai 1 Agustus 2023. Setelah itu, keduanya bertemu di Belanda dalam acara Bimtek tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Pengadaan dan Distribusi Logistik pada Oktober 2023. 

"Dalam pertemuan tersebut, setelah berbincang-bincang di ruang tamu kamar Teradu, Pengadu menerangkan bahwa Teradu memaksa untuk melakukan hubungan badan. Pengadu menolak permintaan Teradu, namun Teradu terus memaksa disertai dengan janji akan menikahi Pengadu," ujar. Hasil sidang memutuskan Hasyim dicopot dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI. 

5. Perjalanan Kasus Asusila yang Bikin Ketua KPU Hasyim Asy'ari Dipecat

Keputusan pencopotan Hasyim Asy’ari sebagai Ketua KPU dibacakan dalam sidang DKPP pada Rabu (3/7/2024). Hasyim terbukti melakukan tindak asusila kepada CAT, anggota PPLN Belanda. 

Kasus tersebut terkuak dari laporan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) ke DKPP pada April 2024, terkait tindak asusila Hasyim ke salah satu anggota PPLN. Tindakan itu dilaporkan dilakukan sejak Agustus 2023 hingga Maret 2023. 

Awalnya, Hasyim tidak merespons. Hingga akhirnya ia terbukti bersalah dan dicopot dari jabatannya.

Topik Menarik