Rudal Iskander Rusia Hancurkan Alat Peluncur Sistem Pertahanan Patriot Ukraina

Rudal Iskander Rusia Hancurkan Alat Peluncur Sistem Pertahanan Patriot Ukraina

Berita Utama | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 13:41
share

MOSKOW, iNews.id - Rudal balistik Iskander Rusia menghancurkan dua peluncur sistem rudal pertahanan Patriot Ukraina. Rudal permukaan ke udara buatan Amerika Serikat (AS) itu diketahui termasuk yang pertama dihancurkan oleh pasukan Rusia sejak dikirim ke Ukraina.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia menyatakan serangan terjadi di Pelabuhan Yuzhne. Selain sistem peluncur, rudal Iskander juga menghancurkan stasiun radarnya.

Meski demikian Kemhan Rusia tak mnenyebutkan menyebutkan kapan serangan terhadap rudal Patriot itu berlangsung. Video yang dirilis di Telegram oleh kemhan menunjukkan, ledakan di lahan tak berpenghuni dekat garis pantai.

Belum ada komentar langsung dari Ukraina terkait serangan itu. Namun Aungkatan Udara Ukraina sebelumnya menyatakan Rusia menyerang wilayahnya menggunakan dua rudal balistik Iskander, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rusia juga menggencarkan serangan terhadap pangkalan-pangkalan udara Ukraina sepekan terakhir. Sebelumnya dua serangan besar melanda dua pangkalan udara, tempat bermarkasnya skuadron Sukhoi Su-27 serta satu tempat lainnya MiG-29.

Serangan pertama pada pangkalan tersebut menghancurkan lima jet tempur multi-peran Su-27 dan merusak tiga lainnya. Sedangkan satu jet tempur superioritas MiG-29 hancur pada serangan beberapa hari setelahnya.

Tujuan dari serangan terhadap pangkalan-pangkalan itu terkait dengan rencana kedatangan jet tempur F-16 bantuan dari negara Barat yang diperkirakan tiba bulan ini.

Topik Menarik