Sandiaga Uno Sebut Indonesia Peringkat 1 Destinasi Pariwisata Halal Terbaik Dunia

Sandiaga Uno Sebut Indonesia Peringkat 1 Destinasi Pariwisata Halal Terbaik Dunia

Berita Utama | inews | Sabtu, 8 Juni 2024 - 00:30
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengumumkan Indonesia kini menduduki peringkat pertama sebagai destinasi pariwisata halal terbaik di dunia. Kemenparekraf akan menjajaki sejumlah kerja sama untuk meningkatkan pelayanan pada pariwisata halal.

Pernyataan ini disampaikan Sandiaga saat ditemui usai acara pelepasan tamu haji Raja Salman di Hotel Four Seasons, Jakarta, pada Sabtu (8/6/2024).

"Kita sekarang nomor 1 untuk peringkat global muslim travel sebagai destinasi pariwisata halal terbaik dunia," ucapnya.

Sandiaga juga mengungkapkan tengah menjajaki kerja sama pariwisata dengan Kerajaan Arab Saudi. Langkah ini dinilai strategis, terutama di musim Haji 2024, mengingat banyaknya masyarakat Arab yang berlibur ke Indonesia.

Tahun ini, Indonesia mendapat kuota 241.000 jemaah haji, terdiri dari 213.320 jemaah haji reguler dan 27.684 jemaah haji khusus, yang terbagi dalam 554 kelompok terbang dan diberangkatkan secara bertahap dalam dua gelombang.

"Kami sedang menjajaki kerja sama untuk mengisi kursi-kursi kosong yang ditinggalkan jemaah haji (Indonesia) berangkat ke sana. Karena masyarakat Saudi banyak yang berlibur saat musim haji, jadi kerja sama ini mudah-mudahan bisa ditingkatkan tahun-tahun ke depan," kata Sandiaga.

Ia menargetkan kunjungan wisatawan dari Arab Saudi ke Indonesia bisa mencapai lebih dari 100.000 orang tahun ini. Dengan adanya 241.000 jemaah haji Indonesia yang berada di Arab Saudi, diharapkan setidaknya setengah dari jumlah tersebut bisa terisi oleh wisatawan dari Saudi Arabia.

"Kita ingin di atas 100.000 tahun ini, karena 241.000 jemaah Indonesia di sana. Paling tidak setengahnya bisa terisi dan meningkatkan kunjungan wisata dari Saudi ke Indonesia," tuturnya.

Indonesia saat ini tengah melakukan berbagai persiapan, termasuk menyiapkan destinasi wisata favorit untuk ditawarkan kepada turis dari Arab Saudi. Destinasi favorit masih diduduki Bali sebagai posisi teratas, diikuti destinasi wisata di provinsi Jawa Barat, Banten, Sumatera, dan Jakarta.

"Ya, karena kita belum mencapai angka kunjungan sebelum pandemi, jadi kita ada persiapan khusus termasuk penyiapan destinasi yang menjadi favorit. Sudah ada beberapa delegasi, fun trip masih sangat sedikit jumlahnya tapi kita harapkan terus meningkat," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga juga menyebutkan bahwa Indonesia akan menyiapkan kerja sama formal melalui dewan eksekutif UN Tourism di Barcelona minggu depan. Ia berharap kesepakatan tersebut dapat terealisasikan tahun depan.

"Kita berharap akan terjadi kesepakatan mulai tahun depan untuk mengisi kursi-kursi yang kosong dengan wisatawan dari Saudi Arabia," tutupnya.

Dengan prestasi ini, Indonesia semakin mengukuhkan posisinya sebagai destinasi pariwisata halal terbaik di dunia, dan diharapkan mampu menarik lebih banyak wisatawan mancanegara, khususnya dari negara-negara dengan mayoritas penduduk Muslim.

Topik Menarik