Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Batang, Getarannya Terasa hingga Kendal dan Pekalongan

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Batang, Getarannya Terasa hingga Kendal dan Pekalongan

Berita Utama | semarang.inews.id | Minggu, 7 Juli 2024 - 16:00
share

BATANG, iNewsSemarang.id Gempa bumi Magnitudo 4,4 mengguncang wilayah Batang, Jawa Tengah (Jateng) pada Minggu, 7 Juli 2024 pukul 14.35.24 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M4,4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6.87 LS; 109.75 BT tepatnya di darat pada jarak 5 km arah Timur Laut Batang, JATENG dengan kedalaman 6 Km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif, kata Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie dalam siaran pers, Minggu (7/7) sore.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Batang, Pekalongan III MMI (Getaran dirasakan seperti truk yang melintas). Kendal II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut, ujarnya.

Sementara gempa bumi susulan pada pukul 14.54 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, imbaunya.

Topik Menarik