Disingkirkan Uruguay, Pelatih Brasil Akui Taktiknya Buntu

Disingkirkan Uruguay, Pelatih Brasil Akui Taktiknya Buntu

Berita Utama | inews | Minggu, 7 Juli 2024 - 14:00
share

LAS VEGAS, iNews.id Timnas Brasil disingkirkan Uruguay pada perempat final Copa America 2024. Tim Samba kalah adu penalti 2-4 di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat, pada Minggu (7/7/2024) pagi WIB.

Brasil ditahan Uruguay imbang tanpa gol selama 90 menit waktu normal. Mereka tak mampu mencetak satu pun gol meski unggul jumlah pemain sejak menit 74 setelah Nahitan Nandez diganjar kartu merah oleh wasit akibat tekel kerasnya kepada Rodrygo.

Bahkan, Alisson Becker dkk kalah dari segi jumlah peluang di mana Uruguay melepaskan tendangan sebanyak 12 kali, sementara mereka hanya tujuh kali saja. Pada akhirnya, mereka kalah di babak adu penalti dengan skor 4-2 setelah Eder Militao dan Douglas Luiz gagal mengeksekusi tendangannya dengan baik.

Dorival Junior pun mengakui bahwa Selecao -julukan Timnas Brasil- memang tak bermain pada level yang seharusnya dalam pertandingan ini. Meski begitu, menurutnya banyak hal positif yang dipetik dari kegagalan di Copa America 2024 ini walau timnya hanya mampu meraih satu kemenangan saja dengan tiga hasil imbang dari empat pertandingan selama turnamen.

Kami tidak memainkan pertandingan dengan level yang bagus secara teknis. Tapi saya juga tidak mengesampingkan hal lain, ada dedikasi, semangat juang, tim tidak pernah berhenti melaju, kata Dorival Junior dilansir dari Globo, Minggu (7/7/2024).

Setelah hasil ini, kami selalu menjadi tim yang berani, kami memiliki lebih banyak hal positif daripada hal negatif dalam proses ini, tambahnya.

Lebih lanjut, Dorival Junior menilai strateginya juga tak berjalan baik dalam laga ini. Bahkan, setelah La Celeste -julukan Timnas Uruguay- kehilangan satu pemain, timnya malah kebingungan harus berbuat apa.

Tim lawan tahu cara mencetak gol, kami membuka, kami memiliki dua pemain yang melakukan tipuan di samping, kami mencoba dengan gerakan, infiltrasi, pertukaran umpan, dalam hal kreasi, ini bukan hari yang baik. Kedua pertahanan menang atas serangan itu, jelas juru taktik asli Negeri Samba itu.

Itu adalah pertandingan yang penuh dengan duel dan "pertukaran", beberapa momen kejelasan teknis dari kedua tim. Sejak kami unggul jumlah pemain, kami menjadi rumit, kami tidak memiliki kejelasan untuk masuk dengan tenang, dengan keseimbangan di sisi lapangan. Itu tidak terjadi seperti yang kita inginkan, ucapnya.

Hasil minor itu membuat Brasil tersingkir berturut-turut di babak perempat final dalam dua turnamen mayor terakhir yang mereka ikuti. Kegagalan di delapan besar sebelumnya mereka alami saat kalah adu penalti dari Kroasia di Piala Dunia 2022 lalu.

Sementara Uruguay melangkah ke semifinal Copa America 2024. Selanjutnya Darwin Nunez dan kolega akan bersua dengan Kolombia pada Kamis (11/7/2024) pukul 07.00 WIB di Bank of America Stadium.

Topik Menarik