PIP SMA dan SMK 2024 Naik Jadi Rp1,8 juta, Begini Cara Aktivasi Rekeningnya

PIP SMA dan SMK 2024 Naik Jadi Rp1,8 juta, Begini Cara Aktivasi Rekeningnya

Terkini | sindonews | Minggu, 2 Juni 2024 - 14:32
share

Pemerintah menaikkan dana bantuan PIP jenjang SMA dan SMK menjadi Rp1,8 juta. Para siswa yang mau mencairkan rekeningnya harus melakukan aktivasi rekening terlebih dulu.

Pada 2024, penerima dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) sebanyak 18,6 juta siswa di semua jenjang. Total anggaran PIP 2024 sebanyak Rp13,4 triliun.

Penerima dana PIP ini melonjak dibanding tahun lalu yang hanya 18,1 juta siswa dengan total anggaran sebesar Rp9,1 triliun,

Ketua Tim Kerja PIP Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Sofiana Nurjanah mengatakan, ada beberapa hal yang mendasari kenaikan dana dan jumlah peserta PIP 2024.

Dari sisi rasionalitas, pemerintah telah mempertimbangkan terjadinya inflasi, pertumbuhan penduduk Indonesia, dan perubahan proses pembelajaran, yakni adanya penggunaan teknologi di semua jenjang, kata Sofiana, dikutip dari laman Puslapdik, Minggu (2/6/2024).

Pada tahun-tahun sebelumnya, dengan bantuan sebesar Rp1juta pertahun untuk jenjang SMA dan SMK, hanya memenuhi kebutuhan pendidikan bagi siswa sebesar 22,7 persen dari kebutuhan ideal yang sebesar Rp4,4 juta.

Harus diakui juga,bahwa presentase siswa penerima PIP jenjang SMA hanya 37,2 persen dan 26,9 persen jenjang SMK dari total peserta didik keseluruhan," terangnya.

Mulai 2024, bantuan PIP yang diberikan sebesar Rp1,8 juta. Khusus untuk siswa kelas XII (kelas akhir pada tahun pelajaran 2023/2024) dan kelas X (kelas awal pada tahun pelajaran 2024/2025) diberikan setengah dari biaya satuan yaitu sebesar Rp900 ribu.

Dia menjelaskan, Pemerintah juga telah melihat berbagai permasalahan dalam penyaluran PIP tersebut. Beberapa permasalahan tersebut yakni kesenjangan besaran bantuan PIP, persentase penerima PIP di setiap jenjang, serta terjadinya kenaikan data hasil pemadanan siswa di Data Pokok Pendidikan dan DTKS.

Cara Aktivasi Rekening PIP

Dikutip dari YouTube Puslapdik Kemendikbud RI, siswa bisa melakukan aktivasi rekening langsung di bank penyalur. Siswa yang berada di jenjang SD, SMP, SDLB dan SMPLB, Paket A dan B melakukan aktivasi rekening langsung di Bank BRI.

Sementara siswa yang duduk di bangku SMA, SMK, SMALB dan Paket C melakukan aktivasi rekening di bank penyalur BNI. Khusus untuk siswa yang berada di Provinsi Aceh aktivasi rekeningnya di Bank BSI.

Untuk aktivasi secara langsung siswa dapat mendatangi bank penyalur. Namun bagi siswa SD hingga SMP yang belum cakap hukum harus didampingi orang tua dan wali.

Caranya cukup mendatangi bank penyalur. Kemudian langsung ke bagian layanan pelanggan. Sampaikan keperluan kepada petugas bahwa Anda ingin melakukan aktivasi rekening PIP.

Sebelumnya lengkapi dokumen persyaratan seperti :

1. Surat keterangan aktivasi rekening PIP dari Kepala Sekolah

2. Salah satu identitas diri seperti KTP atau Kartu Keluarga (untuk siswa SMA, SMK, SMALB, dan Paket C)

3. Bagi siswa SD/SDLB, SMP/SMPLB, Paket A dan B membawa KTP dan Kartu Keluarga orang tua atau wali

4. Serahkan semua dokumen tersebut ke petugas bagian pelayanan pelanggan

5. Isi formulir pembukaan rekening Simpanan Pelajar (Simpel)

Selain aktivasi rekening langsung, aktivasi rekening juga bisa dilakukan secara kuasa oleh kepala sekolah. Namun cara ini hanya bisa dilakukan untnuk lokasi tempat tinggal dan sekolah peserta didik yang berada di daerah khusus yang ditetapkan kementerian, daeran bencana, dan atau daerah lain yang sulit mengakses bank penyalur.

Aktivasi yang diwakilkan kepala sekolah ini juga hanya bisa dilakukan jika siswa, orang tua atau wali yang tidak menungkinkan karena sedang sakit, penyandang disabilitas, diundang dalam acara kunjungan kerja pemerintah, dan kondisi sulit lainnya berdasarkan rekomendasi pemerintah daerah.

Demikian informasi mengenai kenaikan dana dan jumlah siswa penerima PIP dan juga cara aktivasi rekening di bank penyalur. Semoga informasi ini bermanfaat.

Topik Menarik