Dua Mayor ini Bersanding dengan Para Jenderal dalam Kabinet Merah Putih, ini Sekilas Biodatanya

Dua Mayor ini Bersanding dengan Para Jenderal dalam Kabinet Merah Putih, ini Sekilas Biodatanya

Terkini | sumba.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 09:20
share

JAKARTA, iNewsSumba.id- Presiden RI Prabowo Subianto, Minggu (20/10/2024) malam lalu telah mengumumkan susunan Menteri dalam Kabinet Merah Putih yang dipimpinnya bersama Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Dari lebih 100 nama itu, 2 sosok kembali jadi perhatian publik. 

Adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Teddy Indra Wijaya, dua nama yang hiasi Kabinet Merah Putih. Sosok yang familiar dimata khalayak, namun kini kian populer sehubungan dengan poangkat terakhir mereka dalam militer. 

AHY memang mentok dengan pangkat Mayor dalam kariernya di TNI AD karena memilih mundur dan focus paada bidang politik, tidak demikian halnya dengan Teddy Indra Wijaya yang juga berpangkat Mayor, dan masih aktif hingga kini.

Duo Mayor ini kini duduk setara dengan para seniornya yang sebelumnya menyandang sejumlah ‘Bintang’ dipundak mereka. Yaa, keduanya kini sama-sama masuk dalam jajaran kabinet dan akan duduk setara dalam rapat-rapat Kabinet dengan sejumlah figure berbintang. 

Dirangkum dari beragam sumber, Duo Mayor ini miliki latar belakang miliet yang cukup memukau. Dimulai dari Mayor Teddy Indra Wijaya, yanglahir pada 14 April 1989, dan kemudian dikenal warganet dengan sapaan Mayor Teddy, merupakan putera asli Indonesia berdarah Jawa dan Minahasa. 

Mayor Teddy hanya tinggal beberapa saat lagi akan dilantik sebagai Sekretaris Kabinet, sebuah jabatan setingkat Menteri oleh Presiden Prabowo Subianto, Senin (21/10/2024) nanti. 

Putera dari Giyono dan Patris RA Rumbayan, yang merupakan pasangan purnawirawan TNI berpangkat kolonel dan Mayor itu merupakan jebolan SMA Taruna Nusantara, Magelang, dan lulus pada tahun 2007. 

Selanjutnya Mayor Teddy, menuntaskan S1-nya di Universitas Jenderal Achmad Yani pada tahun 2012, dan meriah gelar master atau S2 di Universitas Indonesia pada tahun 2021.

Mayor Teddy juga pernah mengikuti sejumlah pendidikan dan jabatan lainya  baik di dalam dan luar negeri dalam kaitan dengan tugasnya sebagai perwira TNI AD. Diantaranya : Akademi Militer 2011, Sekolah Komando Kopassus 2012, Sat Gultor Anti Teror Kopassus 2013, Terjun Free Fall Kopassus 2014, Pandu Lintas Udara Kopassus 2015, Sekolah Intel di Australia 2015, United States Army Infantry School Amerika Serikat 2019, United States Army Airborne School Amerika Serikat 2019, United States Army Air Assault School Amerika Serikat 2019, dan Ranger School 2020.
 

 

Mayor Teddy juga pernah mengharumkan nama Indoensia saat masih menjadi taruna. Dirinya menjadi wakil satu-satunya dari Taruna Akademi AD, AL, AU dalam International Cadet Conference ke-13 di National Defence Academy, Jepang pada tahun 2010. Ia juga raih predikat International Honor Graduate, Commandant List Award dan Gold APFT daripada United States Army Air Assault School pada tahun 2019.

Sementara itu, AHY yang juga berpangkat terkahir Mayor dalam karier kemiliterannya, dipercaya Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah. Putera Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono ini lahir 10 Agustus 1978.
Jelang akhir masa jabatannya, Presiden ke-7 RIO, Joko Widodo, mempercayakan AHY duduk sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang merangkap Kepala Badan Pertanahan Nasional sejak 21 Februari 2024.  Pria yang menikahi Annisa Pohan itu juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat sejak tahun 2020.

Dalam kontestasi Pilpres dan Wapres lalu, AHY dan partainya mendukung penuh pasangan Prabowo-Gibran dan berhasil meraih kemenangan satu putaran.

Kariernya dalam bidang militer sejatinya cukup moncer. AHY bahkan sempat meraih Adhi Makayasa dan Pedang Trisakti Wiratama pada tahun 2000.

AHY  bahkan pernah mengemban tugas operasi pemulihan keamanan di Aceh tahun 2002, operasi perdamaian PBB di Libanon tahun 2006 dan jga salah satu pendiri Universitas Pertahanan Indonesia tahun 2015. 

AHY juga pernah memimpin salah satu satuan pengamanan Ibu Kota dalam jabatan Komandan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning, Kodam Jaya. 

AHY juga pernah bersekolah di Timor Leste yang dulunya masih bernama Timor-timur saat ayahnya masih bertugas di TNI  AD dan ditempatkan di sana. Sama dengan Mayor Teddy, AHY juga jebolan SMA Taruna Nusantara, Magelang tahun 1994. Bahkan ia juga meraih Garuda Trisakti Tarunatama Emas atau predikat lulusan terbaik.
 

 


Putera sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu juga merupakan Master of Science in Strategic Studies di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura pada tahun 2006, Master in Public Administration dari Universitas Harvard, Amerika Serikat pada tahun 2010, serta Master of Arts in Leadership and Management dari Webster University Amerika Serikat. 

Topik Menarik