Mengenal 3 Ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Kalangan TNI, Nomor 1 Mantan Dandim Cilacap

Mengenal 3 Ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Kalangan TNI, Nomor 1 Mantan Dandim Cilacap

Terkini | semarang.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 08:50
share

JAKARTA, iNewsSemarang.id - Prabowo Subianto resmi dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia (RI) pada Minggu 20 Oktober 2024. Seperti presiden-presiden sebelumnya, Prabowo akan didampingi oleh ajudan yang siap mendampingi dalam berbagai kegiatan kenegaraan. 

Prabowo akan mendapatkan ajudan terdiri dari perwakilan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). 

Berdasar informasi yang dihuimpun, berikut profil 3 ajudan Prabowo Subianto dari kalangan TNI:

1. Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto (TNI AD)
Kolonel Wahyo adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001 dan saat ini menjabat sebagai Komandan Grup 2 Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Sebelum menjadi ajudan presiden, ia telah memiliki pengalaman penting, termasuk sebagai Asisten Operasi Danjen Kopassus dan Komandan Kodim 0703/Cilacap.

 

2. Kolonel Pnb Anton "Sioux" Palaguna (TNI AU)
Kolonel Anton adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000 dan dikenal sebagai penerbang Sukhoi Su-27/30. Dia pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) I dan Komandan Skadron Udara 11 di Pangkalan Udara Hasanuddin. 

Dengan latar belakang penerbang tempur, Anton memiliki kemampuan dan pengalaman yang sangat dibutuhkan dalam mendukung tugas presiden dalam bidang keamanan udara.

3. Letkol Laut (P) Romi Habe Putra (TNI AL)
Letkol Romi adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2002, dan merupakan lulusan terbaik Penutupan Pendidikan Kematraan 3 TNI AL Angkatan Ke-12. Sebelum ditunjuk sebagai ajudan presiden, ia menjabat sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366, kapal perang yang dikenal dengan kemampuan tempurnya. Dengan penunjukan ini, Romi akan segera mendapatkan promosi menjadi Kolonel.

Hingga saat ini, identitas ajudan dari Polri masih belum terungkap. Upaya konfirmasi kepada Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Hariyanto, juga belum memberikan jawaban mengenai hal tersebut.

Para ajudan yang mendampingi Prabowo akan menggantikan Mayor Inf Teddy Indra Wijaya, yang sebelumnya menjadi ajudan Prabowo saat menjabat Menteri Pertahanan. Diketahui Teddy kini dipindahkan ke posisi Wakil Komandan Batalyon Para Raider 328/Dirgahayu. 

Pada masa jabatan presiden, para ajudan akan memiliki pangkat Kolonel, berbeda dari pangkat Mayor yang digunakan saat mendampingi Prabowo sebagai Sekretaris Kabinet.

Penunjukan ajudan ini diharapkan dapat membantu Presiden Prabowo Subianto dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraannya dengan baik serta menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Topik Menarik