Civitas Akademika INSTIKI Tampil di Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2024

Civitas Akademika INSTIKI Tampil di Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2024

Terkini | badung.inews.id | Senin, 21 Oktober 2024 - 12:50
share

DENPASAR, iNewsbadung.id - Civitas akademika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) Denpasar Bali berhasil tampil di Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) Business & Conference 2024. 

Game-game karya civitas akademika INSTIKI ini telah berhasil menarik perhatian banyak pengunjung di IGDX 2024, di mana ada lima game dipamerkan, tiga di antaranya adalah hasil karya Tim inAReality, sementara dua lainnya dikembangkan mahasiswa INSTIKI. 

Tiga game yang dikembangkan Tim inAReality yakni game “NIWATA: Against the Bhuta”, sebuah game adventure 3D tentang cerita perjalanan bertemakan ‘benih’. 

Game kedua adalah game “Artifact Collector: Explore the Heritage of Nusantara”, yakni game petualangan arcade yang mempunyai misi mengumpulkan artefak berharga.

Game ini dibuat untuk membangkitkan kembali pengetahuan generasi muda tentang sejarah dan budaya Nusantara.

Game ketiga adalah “The Sword that Bears Hope", sebuah game petualangan Pangeran Haruto yang diasingkan dari kerajaan akibat pengkhianatan.

 

Pada game ini, pemain akan menjalani misi mencari kekuatan demi merebut kembali kerajaan. 

Selain game dari Tim inAReality, mahasiswa INSTIKI juga memamerkan karya kreatifnya melalui game “Darkness Over the Damned” dan “Journalist: On the Blood”.

Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom., CEO inAReality sekaligus Dosen INSTIKI merasa bangga, karena kegiatan ini merupakan kesempatan pertama kali INSTIKI berpartisipasi di IGDX 2024. 

Putu Wirayudi Aditama mengaku senang karena para pengunjung menunjukkan antusiasme tinggi saat melihat game-game yang dipamerkan.

Menurut Putu Wirayudi Aditama, kampus INSTIKI mempunyai potensi besar menciptakan dan mengembangkan industri game di tingkat nasional, bahkan internasional. 

Karena itu, partisipasi di acara ini diharapkan mampu menjadi langkah awal positif bagi pengembang game dari civitas akademika INSTIKI untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

 

Ditambahkan Putu Wirayudi Aditama,  partisipasi INSTIKI dalam IGDX 2024 diharapkan bisa membuka berbagai kesempatan positif bagi game ciptaan civitas akademika INSTIKI, sehingga dapat dipublikasikan di platform internasional seperti Steam dan dimainkan di berbagai belahan di dunia.

“Kami berharap bisa terus berpartisipasi di masa depan, serta mengembangkan game lebih inovatif dan mampu bersaing di tingkat global,” ujar Putu Wirayudi Aditama. 

INSTIKI diakui Putu Wirayudi Aditama berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing game yang dihasilkan, demi memperkenalkan kreativitas dan potensi pengembang game di Bali kepada dunia.

Dijelaskan Putu Wirayudi Aditama, karya-karya civitas akademika INSTIKI yang dipamerkan di booth showcase mendapatkan antusiasme tinggi dari para pengunjung yang tertarik melihat lebih dekat inovasi dan kreativitas mahasiswa dan dosen INSTIKI.

Perhelatan yang digelar belum lama ini di The Stones Hotel, Kuta, Bali ini digelar untuk mempercepat pengembangan dan memperluas pasar produk game dalam negeri di tingkat internasional. 

Pada IGDX 2024 ini civitas akademika INSTIKI yang terdiri dari dosen dan mahasiswa tampil memamerkan berbagai game kreatif yang diciptakan civitas akademika INSTIKI, sebagai  kampus IT, bisnis dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

 

Keikutsertaan civitas akademika INSTIKI di IGDX 2024 ini diharapkan mampu membuat industri game lokal semakin mendapatkan perhatian dari dunia internasional dan mampu bersaing di kancah global.

Bali, sebagai salah satu pusat industri kreatif di Indonesia, juga terus menunjukkan potensi dalam mengembangkan berbagai aspek kreatif, termasuk di bidang game development.

IGDX 2024 adalah ajang mempertemukan para pengembang game dengan berbagai stakeholder, calon mitra bisnis dan investor dalam industri game, baik dari dalam negeri maupun internasional.

IGDX 2024 ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI), sebagai wujud dukungan terhadap Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2024 tentang Percepatan Pengembangan Industri Gim Nasional.

Semoga tulisan tentang Civitas Akademika INSTIKI Tampil di Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) 2024, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik