Sambut Peparnas di Solo Raya, PLN Siapkan Keandalan Listrik tanpa Kedip

Sambut Peparnas di Solo Raya, PLN Siapkan Keandalan Listrik tanpa Kedip

Terkini | sleman.inews.id | Rabu, 2 Oktober 2024 - 22:00
share

SOLO, iNewsSleman.id - PLN menggelar Apel Siaga Kelistrikan guna menyambut perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Tahun 2024 di Solo Raya. Apel siaga di Kantor PLN UP3 Surakarta, diikuti semua unsur PLN Group di lingkup Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Apel siaga dalam rangka memastikan kesiapan layanan kelistrikan yang andal tanpa kedip pada event nasional tersebut. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia menjadikan Peparnas XVII 2024 sebagai miniatur ASEAN Para Games 2025. Terdapat 20 cabang olahraga yang akan dipertandingan selama perhelatan yang berlangsung 6-16 Oktober 2024.

General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Jateng DIY, Moch Soffin Hadi mengajak seluruh peserta apel untuk mendukung penuh event Peparnas.

“Kami pastikan Peparnas di Solo Raya berjalan aman dan lancar, PLN harus hadir memberikan dukungan keandalan listrik terbaik tanpa padam bahkan kedip,” ungkap Soffin melalui siaran pers, Rabu (2/10/2024).

Soffin menyampaikan, event ini merupakan ajang pembuktian bagi atlet dari segala penjuru Nusantara untuk menunjukkan prestasi terbaiknya di kancah kompetisi nasional. Sekaligus sebagai pijakan di kompetisi yang lebih tinggi.

"Pekan Paralimpiade Nasional ini menjadi ajang yang luar biasa bagi saudara-saudara kita penyandang disabilitas untuk dapat meraih prestasi dan menjadi batu pijakan untuk event yang lebih tinggi di skala internasional. Kami ucapkan selamat bertanding dan meraih kesuksesan," ucapnya.

Manager PT PLN UP3 Surakarta Muhammad Khadafi melaporkan kesiapannya dalam menyambut gelaran Peparnas di Solo Raya.

 

“Kolaborasi PLN Grup di Wilayah Solo Raya telah mempersiapkan keandalan pasokan listrik untuk Peparnas, baik dari Kecukupan pasokan daya, petugas siaga, peralatan pendukung, material Cadang, posko siaga dan koordinasi dengan panitia pelaksana. PLN siap mendukung suksesnya Gelaran Peparnas di Solo Raya,” kata Khadafi.

Dikatakannya, PLN telah siap mendukung suksesnya Peparnas 2024. Dari segi kecukupan daya, tercatat daya mampu sebesar 1.020 MW dengan beban puncak tertinggi 512 MW. Sehingga masih ada cadangan daya 508 MW (51 persen).

Dari segi personel siaga, PLN akan mengerahkan 140 orang untuk mengawal peralatan pendukung sebanyak 46 unit yang terdiri atas 26 UPS (Uninterruptible Power Supply), 1 UGB (Unit Gardu Bergerak) dan 19 genset.

Personel juga dilengkapi dengan Kendaraan pendukung sebanyak 64 unit yang terdiri atas 8 unit truck crane, 36 mobil dan 20 motor serta material cadang gangguan tersedia dalam jumlah cukup. PLN juga telah mempersiapkan posko siaga sebanyak 28 lokasi yang terdiri atas 3 posko kantor UP3, 1 posko UP2D, 2 posko transmisi, 1 posko PLN icon plus dan 21 posko venue.

Hal ini untuk memastikan keandalan pasokan listrik ke 21 lokasi Pekan Paralimpic Nasional ke XVII Tahun 2024 yang terdiri atas Stadion Utama Manahan Solo sebagai Venue Opening & Closing Ceremony, 17 lokasi wilayah PLN UP3 Surakarta, 2 lokasi di wilayah PLN UP3 Sukoharjo dan 1 lokasi di wilayah PLN UP3 Klaten).

Peparnas XVII Tahun 2024 akan mempertandingkan cabang olahraga Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Goalball. Lalu juga ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Voli Duduk, Para Taekwondo, Tenpin Bowling, Para Tenis Meja, Anggar Kursi Roda, Tenis Kursi Roda, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda.

Topik Menarik