RK Pede Jalani Debat Perdana Pilgub Jakarta: Insya Allah Mental Siap

RK Pede Jalani Debat Perdana Pilgub Jakarta: Insya Allah Mental Siap

Terkini | inews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 20:49
share

JAKARTA, iNews.id - Calon Gubernur (Cagub) Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil (RK) percaya diri menghadapi debat perdana Pilgub Jakarta 2024 pada Minggu (6/10/2024). Dia mengaku siap.

"Insya Allah siap," kata Ridwan Kamil kepada wartawan, Rabu (2/10/2024).

Dia mengaku telah menghadapi debat pilkada semasa mencalonkan diri sebagai wali kota Bandung hingga gubernur Jawa Barat (Jabar). Sehingga dia telah berpengalaman menyampaikan ide dan gagasan kepada publik.

"Karena pernah mengalami debat begini dalam pemilihan wali kota, mirip-mirip. Hanya beda topik paling, beda wilayah. Jadi mentalnya insya Allah siap," ucapnya.

Kang Emil mengaku sudah menyiapkan beberapa pokok pikiran berdasarkan tema debat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta yakni Penguatan SDM dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global.

"Ya sesuai temanya, sudah kami siapkan poin-poin yang nanti disampaikan, yang perlu dilatih lagi adalah bagaimana caranya menyampaikan program yang diusung semaksimal mungkin agar pesannya sampai kepada masyarakat dalam waktu yang relatif pendek," katanya.

Diketahui, KPU DKI Jakarta akan menggelar debat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur atau cagub-cawagub Jakarta selama tiga kali. Debat perdana akan digelar pada 6 Oktober 2024.

"Pertama, 6 Oktober, (lalu) 27 Oktober, dan 17 November," ucap ketua KPU Jakarta, Wahyu Dinata saat dikonfirmasi, Rabu (25/9/2024).

Sebagai informasi, masa kampanye berlangsung pada 25 September 2024 sampai 23 November 2024. Sementara pencoblosan serentak akan berlangsung pada 27 November 2024.

Adapun durasi waktu debat akan berlangsung selama 150 menit waktu kotor, sebab akan ada jeda iklan selama 30 menit. Hal itu mirip seperti debat Pilpres 2024.

"Dibagi menjadi enam segmen, kira-kira seperti itu. Jadi memang untuk segmentasinya memang sama dengan debat pilpres juga berlangsung selama 6 segmen," kata anggota KPU Jakarta, Astri Megatari.

Topik Menarik