Profil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Satryo Soemantri Brodjonegoro

Profil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Teknologi Satryo Soemantri Brodjonegoro

Terkini | sindonews | Minggu, 20 Oktober 2024 - 21:39
share

Satryo Soemantri Brodjonegoro diumumkan Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi. Berikut ini sekilas profilnya.

Satryo Soemantri Brodjonegoro merupakan salah satu dari puluhan tokoh kloter pertama yang dipanggil ke rumah Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Baca juga: HT Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres RI 2024-2029

Sepak terjangnya yang dikenal lama di bidang pendidikan dan inovasi teknologi di Indonesia menjadi magnet perhatian Prabowo untuk mengangkatnya menjadi menteri.

Usai gala dinner kepala negara bersama sejumlah tamu-tamu negara undangan, Prabowo pun mengumumkan nama-nama yang akan mengisi kabinet pemerintahan barunya periode 2024-2029.

Profil Satryo Soemantri Brodjonegoro

Satryo memang menjadi tokoh lama yang berkecimpung di dunia pendidikan tinggi. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) pada 1999-2007.

Baca juga:Absen, Ganjar Ucapkan Selamat Prabowo Dilantik Jadi Presiden RI

Atas kontribusinya di dunia pendidikan dan teknologi itu pemerintah Jepang bahkan pada 2016 lalu pernah menganugerahkan ia Bintang Jasa The Order of the Rising Sun, Gold Rays with Neck Ribbon, dikutip dari laman Kedubes Jepang di Indonesia.

Penghargaan dari pemerintah Jepang ini diberikan kepada Satryo karena jasanya atas peningkatan kerja sama di bidang pendidikan antara kedua negara baik di sisi pemerintah maupun akademik.

Dikutip dari berbagai sumber, ayahnya adalah Soemantri Brodjonegoro adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan juga mantan menteri pertambangan.

Baca juga: Puan: Ibu Megawati Sampaikan Salam dan Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Prabowo

Soemantri Brodjonegoro memiliki tiga anak. Pertama adalah Satryo Soemantri Brodjonegoro, Irsan Soemantri Brodjonegoro yang merupakan dosen Teknik Kelautan ITB, dan paling bungsu Bambang Permadi Brodjonegoro, dosen UI yang juga mantan Menteri Riset dan Teknologi di Kabinet Indonesia Maju.

Satryo Soemantri Brodjonegoro, lahir di Delft, Belanda pada 5 Januari 1956. Setelah meraih gelar Ph.D di bidang teknik mesin dari University of California, Berkeley, USA tahun 1985, ia bergabung di ITB.

Sebagai ilmuwan, tulisan ilmiah Satryo Soemantri mencapai lebih dari 99 publikasi. Kiprah lainnya dia adalah Ketua AIPI Periode 2018-2023 dan juga Anggota Komisi Bidang Ilmu Rekayasa pada Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Demikian profil Satryo Soemantri Brodjonegoro yang telah diumumkan oleh Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDONews.

Topik Menarik